Minggu, 13 Oktober 2013

Misteri Drama Korea Dong Yi, Jang Ok Jung, dan Rooftop Prince

Annyeonghaseyo! Joneun Indira imnida!


Asiiikkk..
Sok korea-korea gitu ya. Biar keren dikit gitu. Well, aku sekarang ini lagi tertarik untuk membahas tentang jalan cerita dari drama Korea Dong Yi dan Jang Ok Jung yang bisa dikatakan bertolak belakang gitu *tapi kenapa gambarnya malah Rooftop Prince?*

Iya, soalnya waktu lagi ngorek-ngorek kisah para "wanita" Sukjong ini, aku nggak sengaja jadi tertarik sama kisah dari anak-anak mereka alias PM. Yeoning (putra Sukjong dan Dong Yi) dan Raja Gyeongjong (putra Sukjong dan Jang Ok Jung)


Well, kita mulai dari membahas tentang anak-anak mereka dulu ya.


Pangeran Yeoning ( Dong Yi )
Dong Yi (nantinya bernama Selir Suk dari klan Choi), memiliki seorang putra bersama Raja Sukjong yang bernama Pangeran Yeoning (nantinya akan bernama Raja Yeongjo). Dia lahir tahun 1694 dan meninggal tahun 1776.

Putra Mahkota Lee Yun







Lalu, Jang Ok Jung (nantinya bernama Jang Hui-bin) memiliki putra dengan Raja Sukjong yang bernama Lee Yun (Putra Mahkota Yi Yun) yang nantinya akan bernama Raja Gyeongjong. Ia lahir pada tahun 1688 dan meninggal pada tahun 1724. Dia memerintah hanya 4 tahun, yaitu dari 1720-1724.


Terus kenapa?
Ya, ini nanti akan ada hubungannya dengan Putra Mahkota Lee Gak di drama Korea "Rooftop Prince". Apa hubungannya?
Putri Mahkota Hwa Young
Bagi kalian yang udah nonton dramanya, pasti kalian tau bahwa PM Lee Gak datang dari Dinasti Joseon 300 tahun lalu. Dia terdampar ke tahun 2012 akibat kematian istri tercintanya, Putri Mahkota Hwa Young. Coba deh dicek bareng-bareng!
2012 - 300 = 1712 !!!
Ya, Lee Gak berangkat dari tahun 1712 dimana saat itu Raja Gyeongjong masih menjadi Putra Mahkota! Apa Lee Gak ini adalah Raja Gyeongjong?

Inilah yang aku bilang ada hubungannya!
Raja Gyeongjong (saat masih menjadi Putra Mahkota) memiliki seorang permaisuri yang meninggal 2 tahun sebelum dia naik tahta dan diberi gelar Ratu Anumerta Danui.
Sekarang kita samain sama kisahnya Lee Gak!
Lee Gak adalah Putra Mahkota yang saat itu juga sudah menikah dengan Hwa Young dan Putri  Mahkota Hwa Young juga meninggal sebelum Lee Gak menjadi Raja.

Ini kebetulan?
Ayo kita cek bersama-sama lagi.


Lee Gak sesak nafas setelah memakan kepiting bersaus
Menurut catatan sejarah, Raja Gyeongjong ini meninggal akibat makan kepiting bersaus dan buah persimmon mentah yang diberikan oleh Pangeran Yeoning (putra Dong Yi) secara diam-diam. Well, kalo kita liat drama Dong Yi, rasanya ngga mungkin ya kalo Yeoning meracuni kakak tirinya sendiri. Ini kita bahas nanti, oke?
Terus di drama Rooftop Prince, Lee Gak juga sesak nafas setelah mengkonsumsi kepiting bersaus yang diberikan Tae Mu.



Lalu coba kita liat drama korea Rooftop Prince episode 8 saat Park Ha menangis setelah membaca sejarah dinasti Joseon. Sepertinya dia membaca kisah Raja Gyeongjong (alias Lee Gak) yang tragis. Ia tahu itu akan menimpa Lee Gak kelak.


Park Ha membaca sejarah Dinasti Joseon


Lalu, coba ulang kembali episode 6 dimana Lee Gak, Park Ha, dan ketiga pengawalnya mengatakan usia mereka masing-masing. Lee Gak mengatakan bahwa usianya lebih muda dari Park Ha (27 tahun). Kemungkinan usia Lee Gak saat itu adalah 24 dan usianya sama dengan Raja Gyeongjong saat itu.

Dan yang paling mengejutkan, nama Lee Gak (Yi Gak) konon diambil dari nama kebesaran Gyeongjong, Great Gakgong yang diberikan oleh Raja dinasti Ching dari China (King Gyeongjong Gakgong Deokmun Ikmu Sunin Seonhyo The Great of Korea)

Well, akibat dari persamaan tersebut, banyak yang mengungkit-ungkit Tae Mu adalah Pangeran Yeoning, tapi aku berharap ini tidak benar. Lagipula pada episode terakhir Rooftop Prince, Tae Mu dihukum oleh Lee Gak karena terlibat kasus pembunuhan Putri Mahkota Hwa Young.

Tae Mu yang dihukum

Oke, kita bahas tentang Dong Yi dan Jang Ok Jung, ibu dari para raja diatas.
Pada serial Dong Yi, kita bisa simpulkan bahwa Selir Jang Hui Bin (Jang Ok Jung) ini memiliki sifat ambisius yang sangat tinggi sehingga mampu menyingkirkan Ibu Suri dan Ratu Inhyeon.
Jang Hui Bin saat belum
menjadi Selir
Jang Hui Bin ini adalah seorang rakyat biasa yang mampu mencapai posisi ratu mendampingi Sukjong. Dalam drama korea Dong Yi, Jang Hui Bin ini digambarkan terlalu ambisius, bahkan diakhir hidupnya, ia masih menampakkan sifat ambisiusnya dengan tetap berusaha melindungi Putra Mahkota Lee Yun.


Jang Hui Bin saat menjadi ratu

Coba kita lihat drama korea "Jang Ok Jung : Live in Love"
Indy belom nonton sih, tapi menurut sinopsis yang beredar, Jang Ok Jung (alias Jang Hui Bin) ini adalah seorang desainer gitu. Disini Jang Hui Bin menjadi jahat karena Jang merasa tertindas dengan semua perlakuan yang diterimanya semasa remaja. Selainitu, Jang juga takut kehilangan perhatian raja. Sepertinya Hui Bin ini benar-benar mencintai Sukjong.

Ratu Jang Hui Bin dalam K-Drama 'Jang Ok Jung'
Dalam drama korea Dong Yi, seingatku Jang Hui Bin pernah mengatakan pada Sukjong bahwa ia takut kehilangan perhatian Sukjong. Tapi dalam Dong Yi, Jang Hui Bin ini jahat karena takut anaknya kehilangan tahtanya.


Terus, kita sekarang liat Dong Yi ya!


Perubahan Dong Yi dari rakyat jelata hingga menjadi selir raja

Dong Yi ini adalah rakyat jelata yang mampu masuk istana dan mencapai posisi selir tertinggi karena melahirkan PM Yeoning yang kelak menjadi Raja Yeongjo. Diceritakan Dong Yi ini melahirkan PM Yeoning saat dia diasingkan keluar istana oleh Sukjong, makanya si Yeoning ini rada liar dikit gitu ya, tapi imutnya tetep nggak ilang-ilang!

Namun di drama korea "Jang Ok Jung : Live in Love", dia ini genit yah. Dan Dong yi ini cuma dijadikan alat oleh Ratu Inhyeon untuk masuk ke istana pasca dibuang keluar istana gitu.
Dong Yi dalam 'Jang Ok Jung' yang masih menjadi pelayan
Nahloh? Mana yang bener?

Ini tergantung pola pikir masing-masing orang ya.
Yuk kita bahas.

Kalau kita tonton drama Jang Ok Jung : Live in Love, kita bisa lihat penindasan yang direrima Ok Jung kecil akibat status ibunya yang adalah budak. Meskipun ayah Ok Jung adalah bangsawan, Ok Jung kecil tetap dianggap budak karena terlahir dari seorang budak.

Disini, kita akan dibawa ke dalam kehidupan Ok Jung kecil yang memprihatinkan. Ayahnya meninggal dan ibunya sering direndahkan didepan matanya. Tak heran, Ok Jung menyimpan begitu banyak dendam dihatinya. Apalagi, setelah menjadi "wanita raja", Ok Jung masih menerima pelecehan-pelecehan dari Ibu Suri (ibu Sukjong). Jadi, bisa dikatakan, kejahatan Ok Jung ini adalah bentuk protesnya pada orang lain, bagaimana bisa gadis yang dicintai Sukjong mendapat pelecehan sedemikian rupa?

Ratu Inhyeon dalam 'Dong Yi' yang diasingkan
Kalo menurut sejarah nih ya, katanya Sukjong ini mengasingkan Ratu Inhyeon keluar istana akibat si Ratu Inhyeon ini menentang keinginan Sukjong untuk mengangkat PM Lee Yun sebagai putra asuh Ratu Inhyeon agar kelak PM Lee Yun bisa menjadi raja. Kok pake angkat anak gitu?
Iya, soalnya menurut sejarah, sebelum menjadi raja, seorang putra mahkota harus berada dibawah asuhan seorang ratu.

Lagipula, Dong Yi dan Ratu Inhyeon ini berada dalam fraksi yang sama, sehingga banyak yang mengatakan bahwa Dong Yi merupakan alat Ratu Inhyeon untuk masuk ke istana.

Selain itu, setelah kematian Selir Jang Hui Bin, Sukjong mengeluarkan dekrit yang melarang selir-selir menjadi permaisuri dikemudian hari. Banyak yang mengatakan ini merupakan "pernghargaan" dari Sukjong untuk Hui Bin agar tidak ada lagi seorang selir yang mampu mencapai posisi ratu selain dirinya.

Lagipula ada yang beranggapan, dekrit Sukjong itu secara tidak langsung menggambarkan penolakan Sukjong atas Dong Yi. Kita semua sudah tahu bahwa PM Yeoning akan menjadi raja kelak. Untuk menjadi raja, PM Yeoning harus berada dibawah asuhan seorang ratu. Sedangkan posisi ratu saat itu kosong akibat kematian Ratu Inhyeon dan Jang Hui Bin, sehingga banyak yang mengatakan Dong Yi akan mengisi posisi tertinggi tersebut. Karena itu, Sukjong segera mengeluarkan dekrit tersebut.

Dong Yi memilih untuk meninggalkan istana
Dan lagi, setelah PM Yeoning diangkat oleh Ratu Inwon, Dong Yi pergi dari istana dan menetap diluar istana. Seorang selir istana tidak akan tinggal diluar istana bila ia tidak melakukan kesalahan. Banyak yang mengatakan Sukjong lah yang mengirim Dong Yi keluar istana, tapi Indy juga belom terlalu tau masalah ini ya.







Kalau kita sambungkan K-Drama JOJ dan Dong Yi, bisa kita ambil kesimpulan :
• Sejak kecil, Ok Jung sekalu ditindas dan membuatnya dendam.
• Sepertinya Dong Yi dalam K-Drama JOJ benar-benar licik ya. Kalu menurutku sih, Dong Yi ini tidak segenit dalam drama JOJ dan tidak sebaik dalam drama Dong Yi.
• Sepertinya Ibu Suri yang jahat disini. Dia sangat membenci Ok Jung.
• Menurutku, Ratu Inhyeon lebih nyata dalam drama JOJ. Jujur, Indy suka geregetan sama tokoh Inhyeon dalam drama Dong Yi. Dia terlalu lemah lembut dan Indy merasa tokoh Inhyeon dalam JOJ lebih mendekati sejarah. Tidak terlalu jahat dan tidak terlalu baik.
• Dan terakhir, tokoh Sukjong! Menurutku, Sukjong ini pasti juga mencintai Ok Jung. Gambaran Sukjong dalam drama Dong Yi ini terlalu cuek sama Ok Jung. Dan sebaliknya, Sukjong terlihat terlalu mencintai Ok Jung dalam drama JOJ. Sepertinya, Sukjong tidak secuek dalam drama Dong Yi dan tidak segitu cintanya dalam JOJ.

Sekarang kita balik lagi ke PM Yeoning dan Raja Gyeongjong.
Konon Raja Gyeongjong meninggal setelah diberi makanan oleh PM. Yeoning.
Seperti yang tadi Indy bilang, kita akan sulit percaya kenyataan ini bila kita menonton drama Korea "Dong Yi".

Tapi kenyataannya, PM Yeoning dan Raja Gyeongjong ini saudara tiri. Dan ibu mereka juga tidak memiliki hubungan yang baik. Dalam drama Dong Yi maupun drama JOJ, Dong Yi dan Ok Jung ini memang musuh.
Jadi tentu ada kemungkinan PM Yeoning meracuni kakaknya, Raja Gyeongjong dan naik tahta menjadi Raja Yeongjo.

Tapi, tetep aja nggak ada yang tau tentang sejarah pasti dari kehidupan para raja dan selirnya. Semoga tulisan Indy bermanfaat ya ;)
See You Next Time ♥

140 komentar:

  1. Thanks infonya. Oiya, mnurut aq Tae Mu bukan pm Yeoning soalnya diakhir cerita rooftop prince si Tae Mu kan dihukum mati ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju juga sih... kan nantinya pm yeoning jadi raja mana bisa dia dihukum mati...

      Hapus
  2. thaks bwt infonya ,tapi trus terang aku juga bingung yang bener ky mana karna di wikiped sejarah beda banget,dan juga di crita dong yi di situ gx di liatin kalo ok jung pinter dandan dan desainer

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurutku, di Dong Yi kan emang fokus utamanya di Dong Yi, jadi tdk diceritakan masa lalu nya Ok Jung sebagai desainer dan pinter dandan.

      Hapus
    2. betul.. cuma ada bbrp aj yg lebay buat bumbu drama..

      Hapus
  3. saya sependapat dengan indira!

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Menurut sejarah raja sukjong yang aku baca, raja sukjong tertarik dgn dongyi saat ia melihat dongyi yang msh menjdi pelayan mendoakan ratu inheon. Trus menurut sejarah jang okk jung mmg orang yang berambisi, stelah sukjong menyesali keputusannya yang menyingkirkan ratu inheon, sukjong membawa kembali ratu inheon dan menempatkannnya diposisi ratu seperti smula. Shgga membuat JOJ berang, dan mengguna2 ratu inheon sampai meninggal. Hal ini diketahui raja sehingga JOJ mendapat hukuman disuruh minum racun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Joj ga guna gunain ratu inyun, dia menggunakan artal untuk penyembuhan putra mahkota yg tekena cacar, tapi di fitnah oleh selir choi di joj/dong yi drama dong yi atas kecemburuan yaitu guna guna agar ratu inyun mati ... Aku sih suka drama joj karna dari kecil banyak sekali rintangan yg ia lalui, dari awal emang udah di takdir kan sama raja lee son .. Karna dri kecil mereka udah mengikat sejak raja masih jadi putra mahkota

      Hapus
    2. Tolol ko ajg itu karena kubu si dong yi yg menang makanya sejarah di buat kyk gitu paok

      Hapus
    3. Faktanya, mana ada orang meninggal murni karena diguna2

      Hapus
    4. setuju sejarah jg g seraqtus persen bnr apalaqgi yaqngqq lbh lama jd raja itu ank dong yi paqsti dong yi di baik baikin dlm sejarah

      Hapus
  6. Kayaknya bukan dech kalau tae mu pangeran yeoning

    BalasHapus
  7. Kalau menurutku setelah baca literatur, cerita dong yi memang lebih nyata dari pada JOJ,bahkan disitu jelaskan dari sekian banyak ratu di joseon ratu inheyon adalah ratu yang terbaik persis seperti didong yi, tp mmg benar suk jong jg mencintai jang ok jung, tidak ada satu pun literatur yg menjelaskan kalau ok jung bukan wanita berambisi,tp my be....., alasan dong yi keluar istana bukan karena diusir tapi karena aturan kerajaan memang mengharuskan jika seorang selir menyerahkan anaknya ke ratu dia harus pergi dari istana.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku nggak semua sumber sejarah itu 100% benar, karena sejarah dalam dong yi bisa jadi ditulis waktu masa pemerintahan putranya sendiri yaitu PM. Yeoning. Bisa jadi lohya, sejarahnya dirubah-rubah sesuai keinginan raja menggambarkan ibunya sendiri (Dong Yi) gituu.hhehehe
      Sedangkan Jang Hui Bin, Putranya hanya memerintah sebagai raja selama 2 tahun which is; gak terlalu berpengaruh kan yaa merintah kerajaan dalam 2 tahun yang terlalu singkat dibanding masa kerajaannya PM. Yeoning :)

      Hapus
    2. spertinya putra JOJ menjadi raja dalam waktu 4 tahun deh bukan 2 tahun..

      Hapus
    3. Setuju, dan yg aku tau, saat Dong Yi keluar dari istana itu juga bukan suruhan raja, karena rajanya terkadang masih suka sama dong yi diluar istana

      Hapus
    4. tergantung sukanya film yg mana. Klo menurut saya, JOJ lebih masuk akal, krn ada catatan sejarah yg mengatakan Bahwa Jang Ok Jung meninggal dlm pelukan raja Sukjong. JOJ memang ambisius, tapi tidak jahat, di film dong yi pun sebenarnya digambarkan begitu, yg meng-guna2i Ratu bkn JOJ tapi ibu dan kakaknya kan. Tapi Dong Yi dlm film dong yi digambarkan terlalu baik, tepatlah dikatakan seorang selir tdk akan keluar istana klo tdk melakukan kesalahan, di film dong yi diceritakan bahwa Sukjong masih sering mengok dong yi, tapi ada catatan sejarah yg mengatakan bahwa sukjong tdk pernah menengok dong yi, bahkan ketika kabar kematiannya disampaikan pun suk jong hanya diam. Nah lo. Jangan lupa anaknya dong yi jadi raja luamaa bgt lohh, bukan hal yg susah menghapus bebrapa catatan ttg ibunya. CMIIW, salam kenal y

      Hapus
    5. Maaf tp mnrut sejarah yg saya baca , dong yi d keluarkan dri istana bkn krna dia melakukan kesalahan melainkan kesehatannya yg mulai memburuk dan dia menyerahkan anaknya k ratu inwon. Tp tdk 100% benar tp itu menurut cerita sejarah yg sy baca bkn brdasarkn drama sejarah terima kasih

      Hapus
  8. Setuju sama Dewi Nisra =)

    BalasHapus
  9. Saya gk mengerti maksud nya gimana, kenapa dari jang ok jung menjadi ke dong yi?

    BalasHapus
  10. Dong yi itu nanti jadi selir raja dan joj jadi permaisuri ke-3..

    BalasHapus
  11. kalau menurut saya, lebi jelas yang ding yi. soalnya banyak situs yang menyebutkan termasuk wikipedia bahwa ratu inhyun itu terkenala akan kebaikannya sedangkan JOJ terkenal akan kehausan tahta nya. cuma yang berbeda itu dong yi nya, seharunya dong yi tidak terlalu baik dan terlalu amat dicintai oleh raja seperti yang ada di dalam drama,
    dari ke 3 drama diatas, lebih bagus dong yi sih, soalnya banyak penambahan cerita yang kreatif yang dibuat oleh penulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari segi pakaian sama setting tempat juga bagusan dong yi

      Hapus
    2. Setuju.. di dong yi lebih masuk akal karena anaknya dong yi memang diadopsi oleh ratu inwon secara sukarela karena kebaikan dong yi. Di wikipedia pun dijelaskan bahwa ratu inwon mencintai pangeran yeoningvseperti anaknya sendiri. Dan Dong Yi keluar istana karena memang anaknya sudah diadopsi oleh sang ratu. Sedangkan di Drama Dong Yi memang dijelaskan raja Sukjong memang sangat mencintai Jang Hui bin. Dia merupakan cinta pertamanya. Namun raja Sukjong kecewa karena Jang Hui bin melakukan segala cara untuk mencapai posisi ratu. Kemudian raja Sukjong jatuh cinta pada Dong Yi. Pada saat Hui bin meninggal karena minum racun raja Sukjong menangis. Itu nemperlihatkan bahwa memang masih tersimpan rasa cinta kepada Hui bin meskipun dia kecewa dan menghukum mati.

      Hapus
  12. Setahu aku kalo Rooftop Prince itu drama saeguk fiksi, jadi gak ada kaitannya sama sejarah

    BalasHapus
  13. Ok jung mendapatkan cintanya raja sukjong,itu yg bisa terbukti setelah kematiaanya tdk ada selir yang menjadi ratu,raja ingin melindungi gelar ok jung bahwa hynya ok jung satu2nya selir yg bisa jadi ratu,,
    gk nyambung y heee,
    tpi aku suka dgn ok jung di JOJLIL,tpi juga sdih karena kematiannya yang entah d fitnah atau memang kenyataan ok jung mengguna guna ratu,,
    harusnya drama korea harus happy ending teruss hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa anda belum tahu bahwa kasus selir naik menjadi Permaisuri bukan hanya terjadi pada Ok jung saja? Cek sejarah ibunda Raja Yeonsanggun (Permaisuri Jeheon). Dia mulanya juga selir.

      Hapus
    2. Ratu Jeheon atau yg di sebut Lady Yoon di pilih krn terpaksa dan terdesak krn tdk ada yg pantas utk mendudukin posisi ratu. klo ada kadidat yg bisa di pilih pasti dy engga jadi Ratu. karena Raja tanpa Ratu bisa membahayakan kedudukan Raja.

      jadi itu tdk istimewa. dan utk ank selir laki2 yg bisa jadi Raja, semua cerita kerajaan sprt itu, krn Raja membutuhkan sesorang utk menggantikan posisinya ( baik itu anak laki dari Permaisuri atau Selir ) walaupun yg di utamakan dari Ratu.

      jadi ank Selir yg berjenis laki2 itu bisa mengancam posisi PM, dan utk aman biasanya jika sdh pantas ( menurut zamannya ) ank laki dari selir harus menikah dan tngl di luar kerajaan agar tdk mengoncangkan PM. anak laki2 Raja (selain dari Ratu) aja hrs tinggal di luar istana apalagi Selir Raja, kecuali jika anak selir tersebut calon PM ( terpaksa atau apapun alasannya ) hrs tngl di istana dan di angkat jadi anak Ratu agar memperkuat posisinya. tapi selirnya engga boleh di istana dan tdk blh berhubungan lagi ( mksdnya lbh dekat, hny sekedarnya ) biar tdk terjadi pergulingan dan politik ( sprt kudeta )

      Hapus
    3. Jangan dikira bahwa sejarah kerajaan Joseon diubah oleh pemenang! Salah besar! Setiap peristiwa pada masa dinasti Joseon dicatat oleh orang yang sangat objektif dan dicatat di buku ''sillok'' yang berjumlah 32 volume, dari raja pertama Taejo, sampai raja terakhir Gojong. Dan raja pun tidak boleh melihat catatan mengenai dirinya sendiri. Jadi sejarah Joseon terjamin kebenarannya, gk kayak di Indonesia yg selalu diubah-ubah!

      Hapus
    4. Iya aku setuju, karna di dalam sejarah dan drama kolosal pun di nyatakan bahwa raja tidak boleh membaca haria mereka yg di catat oleh sejarahwan kerajaan

      Hapus
    5. Iya bener bngt di epsd awal" dong yi jg udh keliatan klu raja sukjong itu cinta sm joj tp setelah bertemu dgn dong yi raja mulai tdk memerhatikan joj yg dl selalu dia cintai jd joj merasa terusik dgn kehadiran dong yi

      Hapus
  14. Sejarah ditulis oleh pemenang dalam perang atau kekuasaan. Kita tidak tahu apakah ada sejarah yang dilebihkan dikurangi atau disembunyikan . Karena sejarah itu sesuatu yang subjektif maka kita harus bijak menyikapinya. Tapi jujur aku lebih agree drama joj

    BalasHapus
    Balasan
    1. like ah...drama joj lbh menyentuh..

      Hapus
    2. ya, gak ada manusia yang hitam atau putih.. jadi lebih masuk akal joj..

      Hapus
    3. menurutku kedua drama sama-sama ada kekurangan dan kelebihan .. di drama jang ok jung dan dong yi sama2 menampilkan seakan kedua selir itu bermusuhan , pdahal selir di tingkat BIN juga ada lagi selain choi suk bin dan jang hee bin .
      terus kembali ke drama . klo perbandingan drama menurutku lebih bagus dong yi . karena kreatifitas di drama ini menambahkan politik yang berhubungan dengan dinasti qing china jadi lbh kompleks

      Hapus
    4. setuju, aku lebih suka JOJ karna menurutku lebih nyata

      Hapus
    5. betul...betul...betul....
      soalnya Dong Yi kyk sinetron Indo, klo baik ( baiknya ga ketulungan kyk org bego )klo jaat ( jaatnya engga kira2 ud kyk setan )..
      itu lebay namanya..
      namanya org ga begitu kali, apalgi klo ud masuk dunia politik.
      politik kerajaan lagi ( yg ribet dan panjang ) nyangkut ke byk hal kerajaan, rakyat, pemerintahannya, keluarga kerajaan, khdpn pribadi bahkan cinta.. ribet dech politik kerajaan.

      jadi engga mungkin bgt, klo pun ratu Inheon dpt gelar yg baik juga engga mungkin kyk di cerita Dong Yi ( berlebihan )..

      ya kita liat aja kyk crt Empress Ki, Jumong, queen of seondeok, Hwang Jini, Dae Jang Geum,dll yg mencetak sejarah. ge lebay crtnya ( sikapnya yg sdkt terlihat tdk nyata ).

      Hapus
    6. setuju. sejarah seringnya dibuat berdasarkan kepentingan penguasa saat itu. contoh g30s pki. nah di zaman dong yi vs joj kebetulan yang lebih berkuasa partainya dong yi, partai barat. bisa jadi sejarah ditulis sekehendak partai yang lebih berkuasa. otomatis ya pasti melebih2kan kebaikan dong yi dan queen inhyeon, serta melebih2kan jahatnya joj yg notabene gara2 joj partai barat sempet kehilangan kekuasaan. no one knows hehe ^^

      Hapus
    7. menurutku dong yi lebih mendekati sejarah coba baca wikepedia https://id.wikipedia.org/wiki/Choe_Suk-bin di joj smpai ok jung meninggal sukbin belum punya anak dan tidak dapat perhatian raja padahal saat ok jung meninggal sukbin sdh melahirkan anak ke dua

      Hapus
  15. Kalaku aku sih lebih percaya yang Dong Yi. Soalnya entah, agak aneh aja kalau Ok Jung jadi designer. hehe, ini cuma opini xD
    Dan lebih jelas juga cerita yang ada di Dong Yi.
    Disana kan diceritain, dulu Ok Jung itu baik,tapi gara2 kekuasaan, dia jadi berubah.
    Yah, tapi kan, namanya juga drama yang nyeritain tokoh2nya sendiri.
    Udah jelas judulnya Dong Yi , pasti pusatnya ke Dong Yi. Dan udah jelas Jang Ok Jung, pasti pusatnya Ok Jung
    hehe, tapi aku lebih suka Dong Yi. Soalnya agak aneh aja ngelihat Dong Yi yang licik dan genit di Jang Ok Jung .-.

    BalasHapus
  16. Aku juga pernah baca postingan tentang kemungkinan Lee Gak di RP itu pangeran Lee Yoon. Ada dialog Lee Gak yg dia bilang kalo ibunya mati karena minum racun (mungkin maksudnya heebin yg dihukum sayak ya).

    Menurutku karakter Sukjong sebagai raja lebih mendekati yang di JOJ. Ada dialog di JOJ yg mengatakan bahwa raja harus punya pondasi kuat baru bisa mengganti pemerintahannya. Kalo karakter sukjong kaya yg di DY rasanya kurang pas. Dan di DY sayangnya pencapaian2 sukjong ngga terlalu diperlihatkan, padahal sukjong termasuk salah satu raja yg sukses dalam pemerintahannya. Tapi mungkin lebih terkenal cerita Inhyun vs. Heebin nya kali ya.. ^^v


    Cmiiw

    BalasHapus
  17. Lebih real JOJ dong...malah di JOJ sndiri JOJ tdk trlihat terlalu baik. Tp mnjelaskan knp dia bisa setamak itu akan kekuasaan. Gk kyk dong yi yg trlihat luar biasa di drama Dong Yi sndiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di joj lebih menegaskan pada kisah cintany... Menurut sejarahnya jang ok jung merupakan selir yang paling di cintai raja bukan dong yi, buktinya hanya joj lah selir yang pernah manjadi ratu klw raja tidak mencintainya tidak mungkin mengangkatny menjadi ratu sedangkan bnyak anggota kerajaan yang menentangnya...

      Hapus
    2. Di joj lebih menegaskan pada kisah cintany... Menurut sejarahnya jang ok jung merupakan selir yang paling di cintai raja bukan dong yi, buktinya hanya joj lah selir yang pernah manjadi ratu klw raja tidak mencintainya tidak mungkin mengangkatny menjadi ratu sedangkan bnyak anggota kerajaan yang menentangnya...

      Hapus
    3. menurutku Jang Ok Jung itu nggak tamak akan kekuasaan deh, soalnya di drama JOJ Ok Jung jadi jahat karna takut cinta raja hilang

      Hapus
    4. ga ada kok tulisan sejarah kalo sukjong paling mencintai JOJ. sorry to say. meski ratu inhyun mati dan sukjong tidak mengeluarkan dekrit selir tidak boleh jadi ratu, tetap tidak mungkin choi sukbin jadi ratu karena:
      1. choi sukbin dari kelas budak yang saat itu kelas paling rendah di joseon. dia jadi sukwon aja banyak yg protes krn blum pernah ada seorang budak jadi selir resmi, mentok di gelas sanggung
      2. selain choi sukbin, masih ada kim youngbin dan park myungbin yang sama2 selir tingkat 1 dan berasal dari keluarga yangban dan lebih pantas daru sukbin yang dari kelas budak
      3. sukbin memiliki pangeran yeoning. jika sukbin jadi ratu maka p. yeoning akan jadi anak ratu dan mengancam posisi pm. yun.

      btw, sepertinya ga pernah baca sejarah kerajaan korea ya. ^^. maaf ini loh. JOJ bukan satu2nya selir yg pernah jd ratu. sebut saja ratu yoon, ibu yeosangun yg terkenal itu, sebelum jd ratu dia bergelar suk-ui.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. joj tdak sesuai sejarah lihat ending nya lihat sejarahnya https://id.wikipedia.org/wiki/Choe_Suk-bin

      Hapus
    7. Ya namanya juga sesuai judul lah , kalau judulnya Dong yi yg disorot pasti kehidupan nya dong yi , nah gitu juga yang JOJ yg disorot kisah percintaannya JOJ dan husus kehidupan JOJ yg dominan ,

      Hapus
  18. Ga deh kayanya pm yi yun kan jauh lebih dululahir..jadi harusnya dia yg jadi kaka nya...knp d rooftop prince tae mu yg jadi kaka nya

    BalasHapus
  19. min boleh sya share
    kalo boleh komen tentang sejarah sepertinya drakor dong yi dan JOJ lebih mendaki sejrah deh soalnya banyak kejadian yang hampir sama menurut sejarah

    BalasHapus
  20. emhh..
    klo menurut aq sich lbh keliatan real JOJ.
    tdk ada wanita yg di dlm istana bisa terlalu baik dan lembut.
    krn mereka hrs waspada, jadi JOJ menurut ku lbh mendekati sejarah.
    dan utk selir yg paling di cintai Sukjong itu JOJ dech, soalnya walaupun dy melakukan kesalahan yg ckup besar dia engga di usir dari istana. cm gelar ratu di cabut dan di kembalikan ke bin. kembali keistana yg spesial dibuat utk dia.

    kalo selir yg hrs tngl di luar istana, semua drama kerajaan korea rata2 menyuruh semua selir apalagi yg pny ank laki2 tngl di luar istana dech, agar tdk mengkhwatirkan posisi putra mahkota dan melakukan politik lbh dalam, jadi Dong yi i rasa keluar bkn krn keinginan sndr tapi mank ud seharusnya, mau dia salah atau tdk hrs tngl di luar istana.
    itu yg membuktikan klo hny JOJ yg di cintai raja, krn dy selir yg tinggal di dlm istana(spesial di buat raja lagi) dan selir yg bisa jadi Ratu.

    alasan Raja tdk memperbolehkan selir bisa jadi Permaisuri selain bukti cinta Sukjong ke JOJ menurutku juga buat menghindarin politik yg lbh ribet juga. soalnya klo jadi Permaisuri/ Ratu pny kekuatan yg ckup besar utk politik kerajaan dan klan2 tertentu. Raja kan hrs adil juga, meski ia melakukan utk org2 yg di cintainya, kyk usaha dia membuat JOJ mendapatkan posisi yg pantas dan utk anak JOJ atau Dong yi ( bkn Dong Yi ya.hehehe ).

    krn seorg Raja tdk bisa mementingkan perasannya saja dan tdk blh memperlihatkan perasaannya secara gamblang krn bisa mengancam org2 yg di cintai. krn Raja hrs lbh mementingakn rakyat dan kerajaannya dulu, klo tdk dia tdk pantas menjadi Raja( klo jadi raja pun ia terancam )

    dan utk JOJ yg meninggal karena sayak, itu sdh takdir wanita di cintai Raja meninggal di kediaman raja dia tdk mau mempersulit raja juga. JOJ juga memperhatikan posisi raja, ibu dan anaknya serta posisi org2 yg membantunya klo dy diam2 di asingkan Raja.

    masing2 pluss minus, tapi menurut ku yg mendekati real ya JOJ, krn Dong Yi ada bbrp yg tdk masuk akal dan berlebihan.
    dan di JOJ yg berlebihan karakternya ya DOng Yi aj terlalu kecentilan tingkat kuadrat, klo pun centil hrsnya tdk terlihat lebay.

    klo ada yg bilang Raja engga cinta Dong Yi knp pny anak, ya pria mana mau rugi. Klo pria rata2 itu bisa tdr sama Wanita mana saja yg penting bisa melepaskan hasrat, apalagi raja pny byk selir buat apa, engga mungkin bgt selir raja engga perna tdr sama raja. jadi stetment ini engga bisa membuktikan klo raja cinta sama Dong Yi. klo di tny knp bisa byk ank di sama Dong Yi ya zaman dlu engga ada KB, jadi wajar. dan selir lain engga ada anak, ga mungkin( di drama aj engga di ceritain klo di ceritain nanti kayak sinetron indonesia ribuan episode lagi.hehe ).. jadi hoki2n dan takdir aj, bisa tngl dan hidup lama di kerajaan. klo byk yg tdk suka waspada tdk hidup lama di kerajaan(klo krng dukungan mau itu meliter, klan, dan taktik ) klo mau aman ya yingal di istana tapi ga ikut politiknya..
    coba klo zaman dlu ada cctv khan jd ada titik terang ya.hahaha

    itu menurut pandangan aq di liat dari bbrp sisi.hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget !!
      Kehidupan istana yang penuh intrik politik mau ga mau memaksa setiap orang yang punya kedudukan dan tinggal disana harus ikutan berpolitik untuk mempertahankan hidup. apalagi si JOJ dari partai selatan yang notabene lemah dan kalah sama partai barat yg lebih berkuasa. buat mempertahankan hidup ya harus gitu, agak jahat.

      bener banget kalo cowok emang beda sama cewek. cowok masih lebih bisa tidur sama siapa aja buat lampiasin hasrat sekalipun gaada perasaan. gimana pun juga king sukjong tetep cowok. hahaha

      Hapus
    2. ratu inhyon katanya masih perawan tuh sampe mati :D makanya dia g py anak

      Hapus
    3. Iya benar, ratu inyon pernah pernah berpesan sama jang ok jung bahwa jika di di hidupkan kembali dia tidak ingim memilih menjadi permasuri raja dan tidak ingin jadi musuh nya jang ok jung, dia bilang "mari kita saling bahu membahu" dan mereka berdua sambil nangis berpegangan tangan.. Di ending nya di ceritain bahwa makam ratu inyhon dan selir jang bersampingan ... Sekian menurutku walaupun emang sedih sekali menguras air mata tapi banyak sekali pelajaran yg di ambil di drama jang ok jung

      Hapus
    4. Karna setiap raja mau berhubungan SMA ratu In Yon kan slalu dihadang sama Ok Jang ,dan digoda lah SMA Ok Jang biar gak jadi ,biar ngebelot kedia bermalam nya ,makannya didrakor dong yi juga OK Jang penampilannya slalu diperhatikan ,kena mungkin ya di drama JOJ juga kan Ok Jang sangat memperhatikan tampilannya biar bisa terus mikat raja,

      Hapus
  21. Ceritanya 22nya bedaaa.... Penulisnya skenario nya pro sm tokoh utama. Tp kesamaan nya 22nya menggambarkan ratu inhyeon baik hati. Selain itu ya pada bedaaaaa....

    Raja sukjong di dong yi tampak ramah tapi lemah... Masa raja ga bisa bertarung? Ngga banget kalo bener ada raja kaya gniii...

    Di JOJ... Raja sukjong nya tangguh,berpendirian teguh dan pinter bikin strategi... Lebih real di JOJ

    Tapi di JOJ ada ratu ingyeon yg meninggal karna cacar sebelum ratu inhyoen... Di dong yi sama sekali ga dsebut... Yg bener ada ga sih?

    Di JOJ tokoh dong yi kok berlebihan bgt... Kaya nya penulisnya sensi abis sama dong yi... Buktinya :
    1. Episode awal JOJ... Dong yi mencuri...pas masih jd pelayan bangsawan Min (kluarganya ratu inhyeon) whattt? Dong yi mencuri??? Ckckck keterlaluan nih penulisnya

    2. Dong yi buta huruf... Padahal di film dong yi... dong yi kan smart... Koq bisa bedaaaa versi bgt

    3.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada di sejarah. queen inkyung dari klan kim meninggal karena cacar, anak dari menteri kim partai barat.

      masalah buta huruf, yg beneran terjadi gatau gimana ya. tapi dong yi kan budak rendahan, logikanya ya kalangan budak belum tersentuh pendidikan formal di zaman segitu. beda sama jang hee bin yg emang bapaknya seorang pejabat penerjemah bahasa cina (ditulis di sejarah) pasti jang hee bin dibekali pendidikan sama bapaknya. Jadi, bisa jadi penggambaran dong yi yg buta huruf itu ada benernya. toh di drama itu si dong yi buta huruf pas masi jadi selir tingkat 4. habis jadi selir tk 4 pasti dikasi pendidikan dan jadi pinter kayak di drama dong yi.

      cmiiw

      Hapus
    2. jaman itu kan berdasar kelas, dongyi dari klas budak jadi menurutku wajar kl dia ga bs baca tulis apalagi dia cwe. kan ajaran confusius, cwe itu ibu rumah tangga jd pendidikan g penting

      Hapus
    3. Yg terkena cacar itu ratu inkyun sebelum adanya ratu inyhon awas salah karna mirip, ratu inyun itu emang baik karna diceritain di drama joj itu bahwa joj banyak perkorban untuk ratu inyon saat pemilihan seleksi permaisuri waktu itu raja masih membujang, maka dri itu dia pilih ratu inyon dari partai barat, nah saat ratu inyon terkena cacar ga ada pelayan istana yg mau meratawatnya tapi jang saat itu sbagai pelayan istana dibagian busana dia rela merawat nya... Kalo mau komentar nonton dulu ya drama jang ok jung biar ga salah komentar ... Jadi selir tingkat 4 selir Choi/dong yi itu istilahnya suruhan dari ratu inyhon tapi apa nyatanya ratu inyon salah dalam mempercayai nya .. Bukan membesarkan anak kelinci melainkan harimau

      Hapus
  22. 3. Dong yi gatel dan kurang ajar di JOJ... Ini jg berlebihan bgt... Masa iya pelayan istana berani pegang2 tuan jin (chi soo) yg merupakan tamu istana. Belagu dan kurang ajar sama pelayan dan pelayan seniornya... Klo ada yg pelayan kayak gini jaman dulu... Harusnya dong yi udah habis dibully atau bahkan diusir sbelum jadi selir

    4. Dong yi dijadiin alat sama ratu Inhyeon. Sampe berani ngajak mesum raja... Ini ga masuk akal... Dia kan blm deket ama raja koq bs segitu berani nya? Apa saking gatelnya jd ga takut dipenggal???

    5. Memang di wikipedia ditulis kalo dong yi dan ratu inhyeon dr fraksi yg sama(fraksi barat)... Tapi dong yi bukan pelayan kluarga Min...

    Dan banyak lagi kejanggalan lain yg cape bgt klo di ketik 1per1... Yg jelas filmnya 22nya menghibur...ya kannnn??? \ (^o^) /

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3. setuju. mungkin yg aslinya ga segenit itu. dan FYI, chi soo itu cuma tokoh fiktif, cmiiw

      4. dong yi emang deket sama queen inhyeon, dan kebenaran apakah persembahan untuk ulang tahun inhyeon itu dijadikan alat inhyeon buat masuk istana lagi, bisa bener bisa engga. tp yg jelas, persembahan itu emang dilakukan sama dong yi. gara2 itu juga dituliskan di sejarah kalo dong yi punya gelar "suk" yg berarti "pure"

      cmiiw

      Hapus
  23. Klo menrutku lbih real JOJ , karna jaman dlu gak ada org yg terlalu baik atau jahat. ✌ Ya kyak JOJ gtu kdang baik kadang jhat tergntung situasi. Itu mah manusia. 😃Klo baiknya kbngetan kyaknya ga mungkin. Soalnya jaman dlu semua org harus waspada untuk melindungi kehdpan diri sendri dan org yg dcntai agar tidak kena imbas konspirasi jahat gitu. Jadi JOJ lebih TOP.👏👍 Aktornya juga lebih sip menurutku. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, yoo ah in paling cocok jadi raja sukjong, dan kim tae hee emang bener2 pantes merani jang ok jung, HEBAT! Aku aja sampai terpesona melihatnya huhuhu jadi pengen ke masa joseon, raja sukjong asli apa seganteng yoo ah in:(:(:(

      Hapus
  24. Dear Admin,
    Terima kasih atas artikel anda yang sangat menarik.
    Saya ingin meminta ijin pada admin untuk menggunakan beberapa artikel dalam blog anda sebagai bahan penelitian saya. Saya tidak akan meng copy paste artikel2 anda. Saya hanya ingin meneliti tentang feedback di artikel anda berupa komentar2 dari para pengunjung blog anda untuk keperluan penelitian saya bagi kedutaan besar Korea Selatan di Indonesia. Riset ini ditujukan untuk meneliti feedback dari Korean Wave terhadap konten-konten online Korea di Indonesia. Kiranya admin bisa mengijinkan.

    Best Regard.

    BalasHapus
  25. Min aku udah nonton dong yi Dan menurut aku cerita dong yi sama jang ok Jung ini bertolak belakang menurut dari segi mana penulis ngambil sudut landing..kalo drama dong yi sepertinya kurang masuk akal karena disitu di gambarin kalau dong yi ini baik banget trus Gak ada jahat2nya sedangkan manusia kan pasti ada sisi buruknya..soal perasaan raja sukjong kalo di drama dong yi awalnya memang raja cinta banget sama jang OK Jung sampe akhirnya raja ketemu dong yi yang spertinya lebih buat dia nyaman..nah kalo dalam jang OK Jung keterlaluan banget deh kalo dong yi d gambarin jadi cewek genit... Jadi intinya dong yi sama jang OK Jung punya keistimewaan masing2 yang bikin raja suk jong jatuh cinta

    BalasHapus
  26. Sukjong sangat mencintai jang ok jung, tp kemudian jg sgt menyayangi choi suk bin. Sebelum wafat, sukjong berwasiat pd PM agar menunjuk adiknya, Yeoning jd PM berikutnya. Jang ok jung dan choi sukbin sama2 selir yg terkenal krn anaknya jd raja yg sgt hebat spt ayahnya.

    BalasHapus
  27. Koment2 di atas lbh banyak "menurut gw"
    Cati aja literatur sejarah aslix biar jelas

    BalasHapus
  28. Penulis Skenario Dong Yi; turunan Partai Barat, Penulis Skenario JOJ: turunan Partai Selatan

    BalasHapus
  29. bukannya drama JOJ itu jadi kontraversi dikarenakan melenceng jauh dari sejarahnya ya ?
    dari yang saya baca di literaturnya, ok jung tidak diusir dari istana karena dia adalah ibu dari putra mahkota selain itu kalo dia diusir pasti terjadi pertumpahan darah krna partai selatan yang mendukungnya, kalo masalah raja sukjong melarang selir menjadi ratu , bukannya dong yi juga ditawari menjadi ratu , tapi ia menolak untuk melindungi putra mahkota dan anaknya dong yi . Raja sukjong juga membuat peraturan itu agar partai selatan tidak menyakiti dong yi dan berhenti untuk mencelakai dong yi agar tidak menjadi ratu. dan kalo sifat dong yi yang terlalu baik2 menurut gue sah2 saja di jaman itu ada orang yang baik , yang aneh justru di jaman kita yang orang baiknya sudah sangat jarang. selain itu, kenapa anak ok jung tidak di hukum , padahal ada peraturan bahwa keluarga penjahat juga akan terkena hukuman. itu karena pada saat itu , posisi anaknya kan sebagai putra mahkota yang sudah diakui oleh Qing, dan raja sukjong juga tau bahwa anaknya tidak terlibat dalam kejahatan ibunya.

    BalasHapus
  30. yang aku baca darimana gitu, jang okjung kemungkinan masih ada darah bangsawan, pamannya itu orkay dan ibunya itu selir salah satu pangeran luar dari ibusuri (nenek tirinya sukjong).

    kalo dong yi itu dari klan cheonmin alias budak. dia keluar dari istana karena sakit dan setelah gyongjong naik tahta, sukjong nemenin dongyi sampe meninggal di istana inhyun.

    choi sukbin terkenal dengan pengabdian dan kecerdasannya. dia bahkan masih melayani orang yang statusnya diatasnya meski dia sudah jadi selir. dia selalu mengingatkan sama selir dan ratu untuk melayani sukjong dengan baik makanya ratu inhyun sama ratu inwoon respect sama dia. makanya dia dikasih gelar Sookbin (sook=purity, hee dari heebin = berkilau karena dia cantik. (dari wiki)

    mungkin aslinya sih sookbin itu emang orangnya lurus, pertama dia jadi pelayan ratu inhyun makanya dia respect banget ma ratu sampe berani mati (offering birthday). trus kenapa sukjong sayang banget ma sukbin, mungkin karena sukbin dari klas rendah makanya dia nggak ngerti politik(baca tulis jg mgkn ga bisa, setahuku dimasa itu hy pria yang boleh belajar baca tulis, itupun kelas atas. kelas budak kaya dongyi mana boleh). sukjong jadi ngerasa damai karena dia bisa ngobrol bebas tanpa politik sama sukbin (ini pemikiranku karena gelarnya sukbin)

    mengganti putra mahkota kan ga segampang itu. karena saat itu joseon masih bergantung sama dinasti china(lupa dinasti apa).

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan jika kamu baca silsilah raja joseon dari raja pertama, banyak juga kok selir yang akhirnya jadi ratu. jadi, jang heebin bukan selir pertama yang bisa jadi ratu.
      menurutku keputusan sukjong lebih kepada dia tidak ingin kasus seperti heebin yang menghalalkan segala cara buat jadi ratu terulang. coba baca juga kisah jo gwiin selir raja injo yang akhirnya mati karena haus kekuasaan atau selir yoon yang diasingkan setelah ratu pertama suaminya meninggal. dia diangkat jadi ratu karena melahirkan pangeran

      Hapus
  31. Di Jang Ok Jung, Dong Yi (selir Choi) gk cuma wanita genit, tp jg licik. Padahal karena desakan partai barat dia diminta jd 'jembatan' buat masukin Ratu Inhyeon ke istana. Tapi setelah jd selir, dia malah punya ambisi buat nyingkirin Ok Jung. Bahkan setelah Ratu Inhyeon meninggal dia menuduh bahwa Ok Jung mengguna guna Ratu. Padahal saat itu dia cuma berdoa biar Pangeran Yun (Gyeongjong) sembuh dari cacar. Akhirnya Ok Jung harus menerima hukuman atas hal yg Tidak dilakukannya. Dia pun harus minum racun, dan meninggal dipelukan Sukjong (this scene makes me cried so hard) :'( .

    Yeah karena itulah aku gk nonton Dong Yi. Karena gk sanggup liat selir Choi yg bikin aku gregetaaannn banget, berubah jd wanita super baik hati -_- .

    BalasHapus
    Balasan
    1. WKWKWKWKW SAMA NIH! Aku jadi males buat nonton DongYi yang katanya bagus hahaha. JOJ IS THE BEST!!!

      Hapus
    2. Nurul, bagaimana anda bisa bilang JOJ is the best kalau anda segan buat nonton Dong Yi? Darimana anda bisa membandingkan? LOL.

      Hapus
    3. Mungkin nisrina bisa membaca di WIKI bgaimana sampai Sukjong menghukum Jang Hui Bin.. dlm WIKI dikatakan raja bermimpi dgn kemunculan Ratu Inhyeon dgn penuh darah sambil menunjuk kamar Jang Hui Bin, dan dengan matanya sendiri melihat Jang Hui Bin bersama kakak dan seorang dukun wanita tengah melakukan ritual dengan boneka di tusuk-tusuk.. hal inilah yg membuatnya dihukum minum racun.

      klo sumbernya cuma dari film ya masih diragukan kebenarannya.. apalagi dari JOJ, ya pasti Jang Hui Bin lbh ditonjolkan..

      Hapus
    4. Setuju kak..
      Dipersi JOJ aq suka karakter jang ok jung Lebih menyayangi ibu nya dan rasa dendam nya ok jung karna hinaaan2 orang atas ibunya karna dari budak..dikarakter ini aq suka banhet jang ok jung selalu menjaga ibu nya dan selalu membela ibu nya dia hanya gak mau atas Rendah nya kasta yg iya miliki menjadikan orang2 menhina anak dan ibunya..menurut q jang ok jung cinta pertama Raja hingga dutus nya menjadika jang ok jung dri selir sebagai ratu terakhir..dan selir lainnya setelah dia tidak ada yg bisa mencapai Ratu..

      Hapus
    5. Kalau saya jujur lebih suka dong yi

      Hapus
    6. baru liat dong yi.. menurutku lebih real dong yi. yakali raja bs dikadalin dgn kegenitan aja.. ya raja sayang sama JOJ tp akhirnya memudar krn JOJ berubah jd haus kekuasaan, dan pasti Dong yi orgnya cerdas dan perhatian ke rakyat makanya raja bisa sayang n perasaannya jd agak netral ma JOJ

      Hapus
    7. Bukannya duluan drama Dong yi yah? Reting nya juga tinggian Donggi dari pada JOJ

      Hapus
  32. Tpi di serial drama dong yi anak.xa jang ok jung itu tdak bsa pnya anak alias mandul, jdi pntas dia menjadi raja hanya sebentar dan di gntikan anak dong yi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini saya baca di wiki emang jang hui bin menyakiti anaknya mkanya smpe tdk bisa punya keturunan.. kalo di versi dong yi anaknya sakit yg tdk tertangani dgn baik dan mlah disembunyikan slm 1 th dri raja akhirnya tdk bisa punya ketrunan

      Hapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Situs makam selir Suk Bin masih ada, banyak diziarahi dan namanya dihormati orang korea. Itu yang dipercaya mereka, makanya rating drama Jang ok Jung sangat rendah disana. Kita orang Indonesia nggak usah brlebihan menelisik kebenaran sejarah korea. lbh baik pahami sejarah nusantara yg sudah berabad-abad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja sejarah nusantara bisa dijadiin drama dgn pemain2 yg elegan, kali aja cinta sama sejarah indonesia:) lah indonesia lebih ke fiksinya sih, banyak sinetron yang tidak mendidik:)

      Hapus
  35. Gue lebih suka JOJ dan benci bgt sama ibu suri, trus lanjut benci bgt sama pelayan choi.. Sampai2 benci ke yang meraninnya di JOJ.. Dan juga anaknya selir choi alias dong yi ini adalah raja Yeongjo yg ngehukum mati anaknya sendiri pangeran sado. Menurut gue habis nonton Ok Jung, dia gak jahat, ambisinya toh karena dia cinta sama raja dan itu manusiawi kalo dia dendam sama orang2 yg udah nindas dia.. Yg paling jahat diantara semuanya wanita ini sih ya ibu suri.. Lol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok Jang juag jahat juga ,tiap kali raja akan kekamar ratu In Hyeon dihalang halangi Mulu ,malah digoda terus, biar GK jadi mereka hubungannya ,padahal kan Sama sama wanita raja ,,, maunya sama dia Mulu , ratu inhyeon sabar banget ,

      Hapus
  36. Dapet ini dr salah satu sumber yang ngerti sejarah ttg sukjong, fyi kedua drama itu ga sepenuhnya asli, dan analisa ini didapat berdasarkan fakta dr buku sejarah jeoson.

    Jika kamu membaca tentang sejarah dunia, pasti mengenal banyak tokoh femme fatal. Salah satunya ada di jaman Joseon (Korea sekitar tahun 1600-an), masyarakat Korea mengenalnya dengan nama Jang Ok Jung. Seorang pelayan istana yang menjadi selir di masa pemerintahan Sukjong, yang pada akhirnya menjadi ratu.

    Cerita tentang Jang Hee Bin sudah layaknya seperti cerita rakyat yang diceritakan turun menurun dan menjadi bagian dari pop culture. Sejak tahun 1961 sampai sekarang, perjalanan hidup seorang Jang Ok Jung sampai menjadi Queen Bu Ok telah diadaptasi dalam berbagai movie dan drama. Dalam cerita yang di yakini oleh sebagian besar masyarakat Korea dan berbagai adaptasi, Jang Hee Bin digambarkan sebagai seorang wanita yang haus akan kekuasaan. Jang Hee Bin juga beberapa kali di sebut dalam Annals of Joseon sebagai wanita paling cantik di jamannya.

    Dalam drama adaptasi terbarunya, Jang Ok Jung Live in Love yang ditayangkan oleh SBS mulai bulan April yang lalu diceritakan bahwa Jang Ok Jung mengawali karirnya sebagai perancang busana (aku tidak tau istilah pada jaman Joseon). Selang beberapa waktu kemudian Jang Ok Jung memasuki istana atas rekomendasi Prince Dongpyeong untuk menjadi pelayan nenek tiri Suk Jong (permaisuri kedua King Injo). Hal ini sesuai dengan yang tertulis dalam sejarah. Dan pada tahun 1686 King Suk Jong melihatnya dan menjadikan selirnya dengan gelar Suk Won.



    Dalam sejarah yang tertulis kita tidak pernah tau latar belakang Jang Ok Jung sebelum memasuki istana, entah dia seorang dengan kasta rendah seperti yang tertulis dalam novel atau seseorang yang menjadi bagian dr salah satu fraksi pada masa itu. Kita hanya mengenalnya dari sejarah sebagai pelayan istana yang mendapatkan perhatian raja . Hal ini membolehkan setiap orang mempunyai asumsi sendiri tentang siapa Jang Ok Jung sebelum memasuki istana.

    Dalam sejarah yang tertulis, King Sukjong terpikat oleh kecantikan Jang Ok Jung. Sebagai orang yang hidup dalam jaman modern, memahami seorang pria yang jatuh cinta pada wanita pada pandangan pertama cukup sulit, karena di dalam kamusku aku tak pernah mengenal cinta dalam pandangan pertama. Tetapi jika kita melihat Sukjong adalah seorang raja yang bisa melakukan apapun, jadi Sukjong berhak atas Jang Ok Jung. Dalam aturan di kerajaan Joseon, seorang raja berhak atas semua wanita yang ada di dalam istana kecuali wanita yang masih memiliki hubungan saudara. Bagaimana kalau ternyata Sukjong memang mengenal Jang Ok Jung sebelumnya?

    Sebelumnya mari kita lihat track record pernikahan-pernikahan King Sukjong. Saat masih menjadi Putra Mahkota, Sukjong menikah dengan Lady Ingyoeng dan dikaruniai 2 orang putri yang keduanya meninggal saat masih kecil. Sukjong dan Lady Ingyoeng menikah kurang lebih selama 9 tahun. Dalam masa 9 tahun ini Sukjong tidak disebutkan memiliki selir.
    Setelah Lady Ingyoeng meninggal, Sukjong menikah lagi dengan Lady Inhyoen kurang lebih selama 7 tahun tanpa di karuniai anak. Beberapa sumber menyebutkan kalau Lady Inhyoen infertile.
    Melihat pernikahan Sukjong dan Ingyoeng yang berlangsung selama 9 tahun tanpa selir dan di karuniai 2 orang putri, kita bisa melihat bahwa sebenarnya Sukjong adalah seorang pria yang setia seperti ayahnya yang hanya memiliki satu orang istri tanpa selir. Seperti yang kita ketahui bahwa tugas seorang raja selain memimpin negaranya, ia juga harus mempunyai banyak keturunan untuk menjaga kelangsungan negara. Kalau saja Lady Ingyoeng tidak meninggal pada usia yang masih begitu muda, aku yakin Lady Ingyoeng bisa memberikan banyak keturunan untuk Sukjong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutannya :

      Raja tanpa keturunan adalah hal yang tabu di masa itu. Oleh karena itu, Sukjong menikah kembali dengan Lady Inhyoen. Menurutku Sukjong termasuk raja yang cukup sabar menunggu keturunannya lahir dari permaisurinya, terbukti walaupun 7 tahun menikah dan belum mendapatkan keturunan, Sukjong belum memutuskan untuk mempunyai selir. Mengingat 16 tahun pernikahan dengan dua orang istri tanpa ada keturunan apalagi seorang putra, pastinya meresahkan bagi Sukjong pribadi dan juga seluruh keluaga istana.

      Sebagai salah satu anggota keluarga istana yang peduli dengan kelangsungan keturunan kerajaan, aku rasa Prince Dongpyoeung berbaik hati untuk merekomendasikan seorang selir. Mengingat track record pernikahan Sukjong dengan istri pertama tanpa selir, dan istri kedua selama 7 tahun tanpa selir. Agak janggal Sukjong menerima hadirnya seorang selir hanya dengan melihatnya. Alasan-alasan Sukjong menerima dan bahkan mengangkat Jang Ok Jung sebagai selirnya tentu saja tak pernah dijelaskan secara rinci dalam catatan sejarah. Hal ini menimbulkan banyak spekulasi. Pernahkah Sukjong dan Jang Ok Jung bertemu sebelumnya dan jatuh cinta sebelum Sukjong menikah dengan Inhyun? Apakah Sukjong menggunakan Jang Ok Jung untuk mendapatkan keturunan? Apakah Sukjong mendapatkan hasutan dari nenek tirinya dan Prince Dongpyoeung?

      Mengingat Jang Ok Jung adalah seorang pelayan dengan kasta rendah, hal ini bukanlah hal yang mudah diterima oleh seluruh anggota keluarga istana dan menteri-menteri kerajaan. Apalagi mendapatkan gelar Suk Won bahkan Bin. Akan lebih mudah apabila Jang Ok Jung mendapatkan dukungan dari sebuah fraksi. Menurut sejarah, Jang Ok Jung mendapatkan dukungan dari fraksi Noron. Secara logika, sebuah fraksi mendukung seorang pelayan istana agak terdengar absurd. Sebuah fraksi akan lebih suka mendukung seorang wanita dari kalangan atas atau aristokrat yang punya latar belakang baik. Dalam beberapa adaptasi Jang Ok Jung disebutkan di dukung oleh fraksi Noron setelah mendapatkan perhatian atau promosi dari Sukjong sebagai selir. Tapi dalam pandanganku, Sukjonglah yang secara pribadi menginginkan Jang Ok Jung mendapatkan dukungan dari Noron dengan berbagai syarat dan ketentuan. Keuntungan Sukjong adalah mendapatkan selir yang diinginkannya dengan dukungan salah satu fraksi. Hal ini pun menguntungkan untuk fraksi Noron. Mari kita ulang korelasinya.

      – sebuah fraksi yang terdiri dari kalangan atas, aristrokat dan bangsawan tidak akan begitu saja memberikan dukungan pada seorang pelayan yang kastanya lebih rendah dari pada mereka
      – keluarga istana tidak akan dengan mudah menerima selir raja berasal dari kasta rendah apalagi melahirkan anak raja
      – tidak semua pelayan di istana yang tidur dengan raja akan mendapatkan gelar selir. Kebanyakan dari mereka hanya mendapatkan satu malam bersama raja dan dilupakan.
      – dengan menempatkan Jang Ok Jung dalam dukungan sebuah fraksi, Sukjong dapat mempromosikannya sebagai selir dan mendapat persetujuan permaisuri
      – Fraksi yang mendukung Jang Ok Jung atas permintaan Sukjong akan mendapatkan posisi dalam court. Hal ini menjadi win win solution bagi Sukjong dan Noron

      Pertanyaannya adalah, begitu besarnya kah keinginan Sukjong atas Jang Ok Jung sebagai selir yang mendampingi hidupnya? Apakah Sukjong benar-benar jatuh cinta pada Jang Ok Jung?

      Dalam spekulasi pribadiku, Sukjong dan Jang Ok Jung pernah bertemu dan jatuh cinta pada saat Sukjong kehilangan Lady Ingyoeng. Tentu saja tidak akan begitu mudah bagi Sukjong yang seorang raja memperistri seorang pelayan istana. Apalagi selama ibu suri masih ada dan mengatur masalah yang ada di dalam istana. Sukjong yang seorang raja harus mengikuti aturan yang ada, menikah kembali dari kalangan yg sudah ditentukan oleh aturan yaitu dengan Lady Inhyoen. Selama 7 tahun menikah, Lady Inhyoen belum juga mendapatkan keturunan, hal ini menyebabkan Sukjong putus asa dan akhirnya menunjuk Jang Ok Jung kekasihnya untuk menjadi selir. Kemungkinan kedua, Sukjong tak pernah menyentuh Inhyoen

      Hapus
    2. Lanjut lagi :

      Kenapa Inhyoen menyetujui penunjukan Jang Ok Jung sebagai selir suaminya? Hal ini tidak bisa dihindari oleh istri seorang raja. Mungkin juga Inhyoen melakukannya karena ia mencintai Sukjong dan tidak ingin Sukjong yang sudah begitu lama menginginkan seorang anak menunggu lebih lama lagi. Dan sebagai catatan Jang Ok Jung diangkat sebagai selir setelah ibu suri meninggal dunia. Ini membuktikan bahwa Sukjong tidak bisa melanggar peraturan tentang seorang selir yang berasal dari kasta rendah selama ibu suri masih ada.

      Tak lama setelah itu Jang Suk Won melahirkan seorang putra yang telah lama diinginkan oleh Sukjong. Dan Jang Ok Jung pun dipromosikan dalam posisi lebih tinggi dengan gelar Hee Bin. Sukjong sangat menginginkan putra pertamanya dinobatkan sebagai putra mahkota. Peristiwa ini sangat ditentang oleh banyak menteri dan kalangan yang mendukung kelangsungan istana. Tentu saja hal ini sangat ditentang, bagaimana seorang putra dari selir yang berasal dari kasta rendah bisa mendapatkan gelar putra mahkota. Sementara di sisi lain Sukjong masih mempunyai permaisuri yang masih muda. Rumor bahwa Lady Inhyoen mandul semakin tidak relevan menurutku. Dalam usia yang relatif masih muda tentu saja Inhyoen masih mempunyai kemungkinan besar untuk bisa hamil. Ada beberapa pasangan yang menikah lebih dari 10 – 15 tahun baru dikaruniai keturunan.

      Kenapa di sini Sukjong terkesan tergesa-gesa menunjuk Prince Lee Yoon sebagai putra mahkota? Apakah Sukjong mendapatkan hasutan dari Jang Hee Bin agar putranya mendapatkan gelar putra mahkota? Atau hasutan dari fraksi Noron untuk semakin menguatkan posisi mereka di dalam court? Dalam hal ini mungkin merupakan salah satu langkah politik Sukjong. Jika mengingat asal-usul Jang Hee Bin dari golongan kasta rendah, aku rasa Jang Hee Bin tidak akan punya keberanian untuk mempunyai mimpi setinggi langit. Selama Lady Inhyoen masih mempunyai posisi sebagai ratu.

      Keputusan Sukjong menunjuk Prince Lee Yoon sebagai puta mahkota menimbulkan banyak pertentangan, bahkan mungkin bagi Jang Hee Bin. Status putra mahkota adalah dimana seorang anak yang harus dibesarkan oleh seorang ratu. Hal ini mengharuskan Prince Lee Yoon harus dipisahkan dari ibu kandungnya. Kemungkinan besar prince Lee Yoon tidak akan mengenal ibu kandungnya. Hal ini pasti akan menyakitkan untuk Jang Hee Bin.

      Mari kita lihat beberapa kemungkinan :
      1. Lady Inhyoen menolak untuk menerima Prince Lee Yoon dalam asuhannya sebagai Putra Mahkota. Tentu saja Inhyoen ingin putra kandungnya yang menjadi putra mahkota. Kenapa harus putra dari seorang selir? Fraksi yang mendukung Lady Inhyoen pun menolak perkara ini. Hal ini mengakibatkan kemarahan Sukjong.
      2. Jika Inhyoen menginginkan putra kandungnya yang menjadi putra mahkota, kenapa Sukjong tak berusaha untuk mendapatkan keturunan dari Inhyoen? Hal ini semakin menguatkan kalau Sukjong tak pernah menyentuh Inhyoen. Mungkin iya, tapi tak pernah sepenuh hati. Siapa yang tau? Alih-alih malah menggulingkan Inhyoen dari posisi ratu karena menentang keinginan raja.

      Untuk mendapatkan status putra mahkota untuk putra pertamanya, Prince Lee Yoon harus dalam asuhan seorang ratu. Sementara Inhyoen menolak dan akhirnya digulingkan. Mau tidak mau Sukjong harus mempunyai ratu baru untuk mengisi kekosongan.

      Pada akhirnya Jang Hee Bin dinobatkan menjadi Ratu dengan gelar Queen Bu Ok. Dengan gelar ratu yang di berikan pada ibu Prince Lee Yoon adalah kondisi yang sempurna untuk memberikan gelar putra mahkota pada Prince Lee Yoon. Peristiwa ini mengakibatkan pergantian dalam court secara besar-besaran. Dalam sudut pandang kita yang hidup pada masa 400 tahun kemudian, hal ini bisa saja merupakan salah satu langkah politik yang dilakukan Sukjong atau ada alasan pribadi dibalik semua langkah yang Sukjong lakukan.

      Selama 6 tahun Jang Ok Jung mendampingi king Sukjong menjadi ratu Joseon. Salah satu yang menarik terjadi selama pemerintahan Sukjong, dimana Sukjong membolehkan kalangan menengah dan bawah untuk mendapatkan pos

      Hapus
    3. mungkin inhyun tidak mandul hanya saja malam penyatuan mereka tidak pas. kalo membaca siklus bulanan wanita akan tau. krn jaman itu tabib dll menghitung siklus bulan dan bintang untuk malam penyatuan.
      saat pm yun lahir, usia inhyun baru 21 th. jd wajar kl dia menolak mengangkat yun jd putranya. jika saat itu dia mengangkat yunn jd putranya dan kemudian dia hamil dan memiliki putra, putranya tidak akan bisa menjadi putra mahkota krn posisi itu sudah ada pm yun.
      sangat wajar jika sukjong tampak terburu2 krn dia sudah belsan tahun tanpa pewaris.
      sangat tidak mungkin sukjong tidak pernah menyentuh inhyun, bahkan dgn ingyeongm, sukjong py 2 putri.

      Hapus
  37. Lagi

    Selama 6 tahun Jang Ok Jung mendampingi king Sukjong menjadi ratu Joseon. Salah satu yang menarik terjadi selama pemerintahan Sukjong, dimana Sukjong membolehkan kalangan menengah dan bawah untuk mendapatkan posisi lebih tinggi dalam pemerintahan. Coba kita pikirkan, kenapa Sukjong melakukan hal itu? Apakah karena keinginannya memperbaiki strata dalam masyarakat Joseon dan memberikan kesejahteraan rakyatnya? Atau memberikan alasan yang tepat agar Jang Ok Jung yang juga berasal dari kalangan bawah pun mendapatkan perlakuan yang sama. Seperti yang kita ketahui, dalam masa Joseon strata dalam masyarakat menjadi suatu hal yang sangat penting. Mari kita pertanyakan lagi, apakah Sukjong akan melakukan hal yang sama jika ia tidak bertemu dengan Jang Ok Jung dan mempunyai dia sebagai ratunya?

    Disebutkan selama Jang Ok Jung menjadi ratu, banyak konspirasi yang terjadi dalam upaya memgembalikan Lady Inhyoen sebagai ratu. Padahal pada saat itu posisi dan status Lady Inhyoen adalah seorang rakyat biasa. Aku yakin pada saat Sukjong mengembalikan Lady Inhyoen sebagai ratunya, posisinya sangat terpojok karena keadaan court yang kacau.



    Pada tahun 1694 Lady Inhyoen kembali menjadi ratu dan pada tahun yang sama Sukjong mengambil satu orang selir dari seorang musuri bernama Choi dengan gelar Suk won. Dan kita ketahui juga bahwa Choi berasal dari fraksi yang sama dengan Lady Inhyoen. Bisa jadi Choi adalah salah satu pion politik yang digunakan fraksi Lady Inhyoen dalam konspirasi yang mereka lakukan. Seperti yang kita ketahui bahwa konspirasi politik ini berhasil membawa Lady Inhyoen menjadi ratu kembali.

    Kita juga tahu kalau seorang ratu yang diturunkan biasa akan berubah status menjadi rakyat biasa seperti yang terjadi pada Lady Inhyoen. Tapi tidak dengan Jang Ok Jung. Dia tidak diturunkan statusnya sebagai rakyat biasa melainkan kembali menjadi selir dengan posisi bin. Kenapa Sukjong melakukan hal ini?

    Dalam pendapat pribadiku, Jang Ok Jung tidak melakukan perbuatan yang membuat Sukjong murka. itulah yang membedakan antara Lady Inhyoen dan Jang Ok Jung pada saat diturunkan dr posisi ratu.



    Pada tahun 1701 Lady Inhyoen meninggal karena sebab yang tidak diketahui, rumor yang beredar bahwa Jang Ok Jung lah yang telah menyebabkan kematian tersebut dengan menggunakan guna-guna karena rasa cemburu. Rasa cemburu adalah salah satu kejahatan yang tidak boleh dilakukan antara ratu dan selir-selir raja. Dalam beberapa sumber menyebutkan Sukjong sendirilah yang melihat Jang Ok Jung mengguna-gunai Lady Inhyoen. Tapi sumber lain menyebutkan selir Choi yang menyebarkan rumor tersebut. Sangat dimaklumi jika rumor tersebut disebarkan oleh fraksi pendukung Lady Inhyoen. Kenapa hal ini dilakukan walaupun setelah 7 tahun ratu Inhyoen duduk dalam posisinya kembali? Alasannya sangat jelas fraksi pedukung ratu tidak akan aman apabila putra mahkota Yoon akan mewarisi tahta Sukjong. Mereka lebih memilih agar anak Choi lah yang mewarisi tahta Sukjong. Jika prince Yoengjo yang menjadi pewaris tahta posisi mereka dalam court juga akan aman.

    Akan sangat sulit apabila fraksi pendukung ratu langsung menyerang putra mahkota agar gelarnya dicabut. Akan lebih mudah menyerang ibu kandung prince Yoon. Sehingga ada alasan untuk mencabut gelar putra mahkota Yoon.

    Jika Jang Ok Jung mengguna-gunai quen Inhyoen karena rasa cemburu., Jang Ok Jung bisa melakukannya sejak ia diturunkan statusnya dr ratu. Kenapa harus menunggu selama 7 tahun?

    Pada akhirnya Jang Ok Jung yang pada saat itu bergelar Jang Hee Bin dijatuhi hukuman mati dengan meminum racun. Aku yakin yang terjadi saat itu pasti bukan hanya peristiwa Jang Hee Bin mengguna-gunai Lady Inhyoen. Jang Hee Bin yang berada di pihak yang kalah harus menanggung hukuman. Menurut beberapa sumber disebutkan pula bahwa ada upaya-upaya untuk menyelamatkan Jang Hee Bin, karena bagaimanapun juga ia adalah ibu kandung Putra Mahkota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku baca dari sejarahnya. Sukjong menangkap basah waktu Ok Jung & seorang Shaman sedang mengguna2 Ratu Inhyoen. Beda dengan cerita di Dong Yi yang disitu diceritakan kalo Yeoning lah yang menemukan boneka guna2.
      Kematian Gyeonjong banyak sekali menimbulkan perbedaan pendapat dikalangan sejarawan. Tapi kemudian para sejarawan sepakat kalo kematian Gyeonjong disebabkan oleh keracunan makanan, bukan karena direncanakan oleh Yeoning. Kesepakatan itu diambil karena melihat masa pemerintahan Yeonjo (Yeoning) yang baik, dia peduli dengan masyarakatnya dan baik. Oleh karena itu terlihat mustahil kalo Yeongjo (Yeoning) sengaja meracuni kakak tirinya (Gyeonjong)

      Hapus
    2. sedikit ralat.

      1. JOJ bukan berasal dari kasta rendah. tapi dari kelas cungin yaitu rakyat biasa yg terdiri dari orang biasa, pedagang kaya dan sarjana.
      2. Ibu JOJ, lady Yoon berasal dari papyeong yoon, beberapa wanita papyeong yoon pernah jadi ratu joseon, seperti ratu yoon(ibu yeosangun), ratu janggyeon(istri kedua jungjong) dan ratu munjeong (istri ke 3 jung jong) jadi yoon termasuk klan terpandang.
      3, ini pendapat pribadi sih, menurutku, kenapa sukjong tidak menghukum heebin, krn berkaca pada kejadian yeonsangun.
      4.status inhyun tdak jadi org biasa tp pyebi/ratu yg diasingkan
      5. pas ratu jang jadi ratu, lama2 sukjong makin muak krn keluarga jang seolah mengambil kesempatan dan memperluas kekuasaannya.
      6.dalam sejarah, dikisahkan sukjong bermimpi ttg inhyun yg berdarah dan menunjuk kediaman heebin. pas sukjong datang heebin sedang berpesta atas kematian ratu. blum lagi altar saman yg ada disana. sekalipun heebin tidak mengguna2in ratu, samanisme sudah dilarang sukjong sejak kematian ibunya yg mati sakit stl menjalankan ritual saman.
      7. kemungkinan anak sukbin tidak akan dipilih jadi raja jika p. yeongryung masih hidup. p. yeongryung adalah putra sukjong dari park myongbin yang merupakan anak yangban. jadi jelas, p. yeoning bukan pilihan pertama sukjong jika pm.yun lengser.sukjong sangat menyayangi yeongryung bahkan dia sampai mengadopsi pangeran lain untuk meneruskan boodline yeongryung setelah yeongryung meninggal tanpa anak.
      8. gyongjjong(pm.yun) meninggal krn sakit (katanya alergi) setelah memakan kurma liar (yang katanya dibawa oleh p. yeoning)

      Hapus
  38. Ending :

    Setelah berpulangnya Lady Inhyoen dan Jang Hee Bin pada tahun yang sama, kandidat utama untuk posisi ratu jatuh pada Suk Bin. Aku rasa Suk Bin sebagai selir dengan peringkat dan posisi paling tinggi pada saat itu pasti bermimpi untuk menjadi ibu suri, karena dimungkinkan dengan kejahatan yang dilakukan oleh Jang Ok Jung status prince yoon sebagai putra mahkota akan dicopot dan diberikan pada anaknya. Terlebih lagi Suk Bin mendapatkan dukungan dari fraksi lady Inhyoen. Tetapi prediksinya salah, Sukjong tidak mencopot gelar putra mahkota Yoon. Biasanya jika ibu seorang pangeran melakukan kejahatan, anaknya pun akan terkena imbasnya. Bahkan Prince Yoon mendapatkan ijin dari Sukjong untuk menerima tahta raja Joseon. Apakah Sukjong tidak membenci Prince Yoon yang ibunya telah melakukan kejahatan? Menurut rumor dan beberapa sumber Sukjong secara pribadi tidak terlalu menyukai anak Jang Ok Jung tapi tidak mampu mencopot gelarnya karena dia terlalu cerdas. Tidak juga menyukai anak Suk Bin. Anak kesayangan Sukjong secara pribadi adalah anak dari selir Park Myoeng Bin

    Kembali pada Suk Bin, impiannya atau mungkin impian fraksi pendukungnya untuk menjadi ratu pupus saat Sukjong mengeluarkan dekrit bahwa selir tidak diperbolehkan untuk menduduki posisi ratu. Sukjong berharap dengan dekrit ini agar tidak akan ada lagi kejadian seperti yang terjadi pada Jang Ok Jung. Apa alasan Sukjong mengeluarkan dekrit ini?

    Melindungi selir-selirnya? Atau mengukuhkan Jang Ok Jung sebagai selir raja Joseon yang pertama dan terakhir kali mencapai gelar ratu? Dan tidak ingin orang lain mencapai gelar yang sama dimana seorang dari kalangan kelas bawah dapat mencapai kelas tertinggi dalam strata masyarakat. Dekrit ini akan menjadi hal yang paling istimewa untuk Jang Ok Jung.

    Satu hal yang perlu kita ketahui bahwa Suk Bin di usir dari istana setelah Jang Ok Jung meninggal. Bahkan kabarnya Sukjong tidak menginginkan Suk Bin kembali ke istana dan tidak ada ijin untuk bertemu dengan putranya sendiri. Suk Bin pada akhirnya meninggal pada tahun 1718 pada kediaman pribadinya. sungguh menyedihkan bahwa ibu raja Joseon ke 21 ini meninggal di luar istana dan tidak dapat menikmati masa-masa putranya menjadi raja yang memerintah Joseon paling lama.

    Kenapa Suk Bin di usir dari istana? Apakah dia melakukan kesalahan yang membuat Sukjong murka dan mengusirnya keluar dari istana. Seperti yang kita ketahui bahwa selir tidak diperbolehkan untuk meninggalkan istana selama raja masih hidup.

    Menurutku sebelum eksekusi Jang Ok Jung, kedua selir Sukjong ini bertarung dan terjebak dalam kemelut politik dalam rangka bertahan dalam istana. Sekali masuk dalam istana kita bisa keluar hidup-hidup tetapi dalam pengasingan atau mati dalam istana. Dalam peristiwa ini, Suk Bin lah yang muncul sebagai yang bertahan. Aku tidak ingin menyebutnya sebagai pemenang, walaupun ia berhasil menjadikan anaknya sebagai raja dikemudian hari. Tapi sayang Suk Bin tidak sempat menikmati masa kejayaan anaknya.

    Kalau boleh menyimpulkan dari pertarungan tiga wanita raja Sukjong ini, bahwa mereka masing -masing menang

    – Lady Inhyoen dikenal sebagai ratu Joseon yang berhati mulia
    – Jang Ok Jung dikenal sebagai femme fatal yang selalu disebut2
    – Choi sebagai ibunda raja Joseon yang terkenal memerintah paling lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedikit ralat.

      setelah inhyun meninggal, sukjong memiliki 4 selir bergelar BIN.
      1. jang heebin (chungin)- rakyat biasa
      2. choi sukbin (cheonmin)-budak
      3. kim youngbin (yangban)-bangsawan
      4. park myoungbin (yangban)-bangsawan

      setelah heebin meninggal pun, tidak mungkin sukbin jadi ratu karena ada dua selir lain bergelar BIN yg lebih pantas krn berasal dr kelas yangban atw bangsawan. (di dong yi dan JOJ ga diperlihatkan). menurut sejarah, choi sukbin satau2nya selir raja dari kelas budak. bahkan kisahnya disebut cinderella joseon.

      dan tidak ada catatan kalau sukbin diusir dari istana. yang ada adalah, sukbin di hadiahi istana inheon tempat sukjong menghabiskan musim panasnya sewaktu masih muda. sukbin keluar istana setelah ia sakit dan tinggal bersama anaknya di istana inheon. sukjong menemani sukbin saat ia sakit dan menyerahkan kepemimpinan kepada raja gyeongjong. sukjong meninggal setelah setahun sukbin meninggal.

      kurasa sukjong menyayangi semua anaknya.
      sukjong menyayangi yun dgn membiarkan dia jadi putra mahkota.
      sukjong mmenyayangi p. yeoning dgn merayakan pernikahannya dengan mewah padahal p.yeoning hanya anak selir. bahkan dewan istana sampai protes karena besarnya biaya pernikahan p.yeoning. rumornya sukjong meminta gyongjong untuk mengangkat p. yeoning sebagai pewaris gyongjong.
      sukjong menyayangi p. yeongryung dgn mengadopsi pangeran lain untuk meneruskan garis keturunan p.yeongryung setelah pangeran meninggal tanpa keturunan.

      menurutku, heebin, sukbin dan ratu hanya wanita yg terjebak intrik politik istana

      Hapus
    2. Maaf. Komentar kamu terlalu pro ke Jang hee bin. Kamu gak baca sejarah aslinya.

      Hapus
  39. Waahhh referensinya bagus yaa, tp sayangnya aq pertama kali nonton dong yi dan jatuh cinta kebangetan sm dia yg jd sukbin, dalam sejarah sukbin ini sangat dermawan dan pintar dan selir yang ga pernah membuat masalah di dalam istana persis sama kaya karakter dong yi dan lagi pula dalam sejarah juga di catat kalau raja sukjong menghabiskan banyak malam sm sukbin dan pnya anak paling banyak sm dia tapi yang selamat cuma yeoning dan sukjong sangat sayang sm yeoning dalam sejarhnya jg gt sedangkan sm hui bin dia cuma punya satu anak. Lagi pula raja yeonjoo anaknya dong yi terkenal dengan kabaikannya selama memerintah dia bahkan jadi raja lebih lama drpd sukjong sendiri. dan hui bin juga di dong yi sebnarnya dia gga jahat2 bgt dia dihasut sm kakaknya yang super jahat dan haus tahta si hijae dan hui bin jahat karena dia melindungi keluarganya.. kalo drama joj melencengnya jauh bgt dr sejarah jelas2 dlm sejarah ratu inhyun sm sukbin itu terkenal dengan kebaikannya..ckckckc emang namanya juga drama jd terserah yg nulis ajaa...

    BalasHapus
  40. Waahhh referensinya bagus yaa, tp sayangnya aq pertama kali nonton dong yi dan jatuh cinta kebangetan sm dia yg jd sukbin, dalam sejarah sukbin ini sangat dermawan dan pintar dan selir yang ga pernah membuat masalah di dalam istana persis sama kaya karakter dong yi dan lagi pula dalam sejarah juga di catat kalau raja sukjong menghabiskan banyak malam sm sukbin dan pnya anak paling banyak sm dia tapi yang selamat cuma yeoning dan sukjong sangat sayang sm yeoning dalam sejarhnya jg gt sedangkan sm hui bin dia cuma punya satu anak. Lagi pula raja yeonjoo anaknya dong yi terkenal dengan kabaikannya selama memerintah dia bahkan jadi raja lebih lama drpd sukjong sendiri. dan hui bin juga di dong yi sebnarnya dia gga jahat2 bgt dia dihasut sm kakaknya yang super jahat dan haus tahta si hijae dan hui bin jahat karena dia melindungi keluarganya.. kalo drama joj melencengnya jauh bgt dr sejarah jelas2 dlm sejarah ratu inhyun sm sukbin itu terkenal dengan kebaikannya..ckckckc emang namanya juga drama jd terserah yg nulis ajaa...

    BalasHapus
  41. klo aku sich lebih suka Jewel in the crown (Dong yi), apalagi krn faktor mendekati sejarah..

    berdasarkan sumber WIKI.
    Jang Hui Bin dihukum krn Sukjong menemukan Jang Hui Bin bersama saudara laki-lakinya dan seorang dukun wanita menjampi-jampi Ratu inhyeon dalam kamar Jang, sehingga berujung hukuman minum racun.

    BalasHapus
  42. Ada lagi perbandinganx
    Yaitu serial Jackpot/Daebak.
    Itu cerita beda lg lowh, ceritax kan tentang anak2 dr selir Choi aka Dong Yi. Yg bisa jd selir setelah dia di jadikan umpan oleh seorang bangsawan bernama lee in jwa. Walaupun ada kesamaan cerita ttg bagaimana Pangeran Yeoning bs jd raja dgn mracuni kakakx. Bisa lebih panjang lg analisisx hehehe

    BalasHapus
  43. kalo menurut aku ceritanya dramanya lebih bagus dong yi

    dan juga raja sukjong menurunkan dekrit itu bukan semata2 hanya karena perasaannya pada Dong Yi ataupun Ok Jung, tapi dia juga berfikir realita dan demi kerajaannya dan melindungi posisi PM dan Yeon ing
    dan bukan berarti juga karena raja tidak mengeluarkan Jang Ok Jung karena dia bersalah berarti Ok Jung adalah wanita kesayangan raja, tapi kembali lagi raja mempertimbangkan posisi PM yang.
    Dan di cerita Dong Yi, disitu juga diceritakan bahwa Dong Yi gk baik2 amat kok, karena apa di situ juga Dong Yi menyimpan dendam kok sama Ok Jung

    gitu sih pendapat aku

    BalasHapus
  44. Kalo menurutku sih tiap drama punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yah. Tiap cerita diambil dari sudut pandang yang beda, jadi ada khas nya sendiri-sendiri. Dan sejarah apa yang diambil dari catatan kerjaan dih kayaknya asli deh gak bisa diubah-ubah gitu. Contohnya kalo aku gak salah pernah baca ada raja yang berwibawa (iyalah pasti berwibawa ) lha pas itu jatuh dari kuda. Raja itu minta buat si pencatat harian kerajaan(sillok) gak nulis kejadian itu, tapi tetep aja di tulus sama tuh penulis . yang pasti sih diem-diem nulisnya. Itu kan tanda kalo itu catatam objektif. Tapi kalo drama emang sebagian besar cerita bener tapi pasti ada bumbu-bumbunya buat menarik minat penonton. Namanya juga drama gak filem dokumenter. Biar lebih jelasnya baca deh blog ini : http://deleigeven.blogspot.co.id/2014/05/dinasti-joseon-waktu-dan-peristiwa-masa_2162.html?m=1 . lengkap dan runtut penulisannya sejarah nya saling terkait. Dan lebih kenal gimana peristiwa-peristiwa itu bisa terjadi. Dan persoalan tentang lee gak mirip sama raja joseon itu emang hampir mirip sih jadi gak sepenuhnya fiksi mungkin penulisnya terinspirasi tokoh itu.

    BalasHapus
  45. ketemu blog ini karena S-ONE channel lagi muter ulang Jang Ok Jung. Yang aku pernah baca ya katanya yang mendekati sejarah yang sebenarnya itu justru yang cerita di Dong Yi itu. Jadi memang aslinya Jang Ok Jung adalah wanita yang ambisius. Jang Ok Jung tadinya bukan orang jahat tapi ambisiusnya muncul ketika dia melahirkan anak laki-lakinya itu. DOng Yi sendiri sebenernya bukan musuhnya Ok Jung tapi dia keseret dalam konflik karena dia pendukungnya Ratu Inhyeon. Dan Ratu Inhyeon sendiri dalam sejarah Joseon adalah Ratu yang paling terkenal terutama karena kelembutan hatinya.

    Terus mengenai dokumentasi sejarah, pernah baca di Korea itu ada 2 catatan sejarah, kalau gak salah yaa, salah satunya namanya Sillok, nah Sillok ini adalah catatan sejarah gak bisa diintervensi oleh raja sekalipun, ditulis apa adanya. dan kisah yang paling mendekati apa yang tertulis di sillok adalah kisah yang ada di drama Dong Yi itu.

    BalasHapus
  46. Pada tahun 1720, ayahandanya, Raja Sukjong meninggal dan Putra Mahkota Yi Yun, putra sulung Sukjong naik takhta sebagai Raja Gyeongjong, saat berumur 33 tahun. Namun sebelum Raja Sukjong meninggal, ia sebenarnya memberitahu Yi Yi-myoung agar mengangkat Yeoning-gun sebagai ahli waris Kyungjong, tetapi karena tiadanya pencatat sejarah atau sejarawan pada saat itu, maka tidak ada catatan mengenai hal ini.

    Selama masa pemerintahan Gyeongjong, terjadi pergumulan kekuasaan dan rasa tidak suka terhadap statusnya yang terlahir sebagai anak dari kalangan rendah. Faksi Noron (노론, 老論) menekan Raja Gyeongjong untuk turun takhta dan bermaksud untuk menggantikannya dengan saudara tirinya, Pangeran Yeoning (Raja Yeongjo pada masa depan). Pada tahun 1720, dua bulan setelah kenaikan takhtanya Raja Gyeongjong, Pangeran Yeoning diangkat sebagai Putra Mahkota Kerajaan, ahli waris kerajaan (Wangseje, 왕세제, 王世弟). Hal ini memperparah perebutan kekuasan dan menjadi awal dari pembantaian besar-besaran, yang dikenal sebagai Shinimsahwa (辛壬士禍). Faksi Noron mengirim pesan kepada Raja tanpa ada tanggapan sama sekali sementara Faksi Soron (소론, 少論) memanfaatkan hal ini demi keuntungan mereka - dengan dalih bahwa Faksi Noron mencoba untuk merampas kekuasaan dan bermaksud untuk menyingkirkan faksi-faksi, yang menjadi lawan mereka, dari berbagai macam posisi pejabat di istana.

    Anggota-anggota dari faksi Soron kemudian memunculkan ide untuk membunuh ahli waris tahkta (Yeoning-gun) secara rahasia dengan berpura-pura menyelenggarakan acara berburu rubah putih, yang diisukan telah menghantui istana, tetapi Yeoning-gun mencari perlindungan pada ibu tirinya, Ibu Suri Inwon, yang kemudian melindunginya sehingga ia tetap hidup. Setelah itu, Yeoning-gun memberitahu saudara tirinya, Raja Gyeongjong bahwa ia lebih suka pergi dari istana dan hidup sebagai orang biasa.

    Pada 11 Oktober 1724, Raja Gyeongjong meninggal. Faksi Soron kemudian menuduh Pangeran Yeoing melakukan sesuatu sehingga menyebabkan kematian kakandanya, berdasarkan usaha Faksi Noron sebelumnya yang bermaksud membuatnya naik tahkta dan menggantikan Raja Gyeongjong. Tapi para sejarahwan sekarang sepakat bahwa Raja mungkin saja meninggal akibat keracunan makanan laut, berdasarkan dari gejala-gejala penyakit yang menyebabkannya meninggal. Homer Hulbert memaparkannya di bukunya The History of Korea, di mana ia mengatakan, "Tapi kita mungkin saja boleh meragukan kebenaran dari rumor itu, karena tak ada yang dikatakan mengenai indikasi bahwa ia mungkin melakukan tindakan seperti ini, dan hal yang kedua seseorang yang akan makan udang, yang dibawa dari laut yang berjarak 30 mil tanpa es, di tengah musim panas bisa saja dimungkinkan meninggal. Pada tanggal 16 October 1724, Pangeran Yeoning naik tahta dan bergelar Raja Yeongjo, penguasa ke-21 Joseon.

    BalasHapus
  47. ada yang bisa menghubungkan dengan drama queen for seven day nga?? itu cerita tentang anaknya jang ok jung dengan dong yi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raja dalam drama Queen Seven Day adlh Raja Yeongsangun kemudian digantikan adikny Raja Jungjong, Raja Jungjong sendiri dlh raja ke 11 dan raja yg sama dlm film jang geum / jewel in the palace, sedangkan raja difilm dong yi adalah raja ke 19 yaitu raja sukjong

      Hapus
  48. Aku baru selesai nonton Jang Ok Jung. Tapi jika di bandingkan dengan drama Dong Yi, Maka aku akan memilih drama Dong Yi sebagai drama yang paling mendekati dengan sejarah aslinya. Walaupun sudah lama sejak nonton drama Dong Yi namun ceritanya masih jelas untuk diingat, apalagi setelah menonton drama Jang Ok Jung.

    Sebagai drama tentu saja ada kekurangan dan kelebihan setiap dramanya. Dan yang pasti drama tersebut akan menonjolkan kisah sang tokoh utama dalam drama. Jika dalam Jang Ok Jung otomatis akan mengangkat cerita Jang Ok Jung, begitu pula dengan Dong Yi maka akan mengangkat keunggulan tokoh Dong Yi.

    Di Korea sendiri Jang Hee Bin dan Choi Suk Bin adalah selir-selir kerajaan yang terkenal. Jang Hee Bin yang terkenal ambisiusnya dan Choi Suk Bin yang terkenal Hati yang murninya dan terkenal pula sebagai Cinderella Joseon

    Jika di tilik dan dihubungkan dari drama dan sejarah aslinya maka akan didapat sebagai berikut ;

    JANG OK JUNG
    1. Di drama Jang Ok Jung, ia memang di kenal seorang yang tidak terlalu baik juga tidak terlalu jahat. Tentu saja sifat seseorang memang seperti itu. Namun sikap ambisiusnya sama seperti sejarah, dalam drama Dong Yi pun Hee Bin di gambarkan demikian.
    2. Fakta bahwa ia selir yang bisa menjadi ratu karena ia tidak sepenuhnya status rendah. Ia memang di lahirkan dari seorang pelayan(Ibu Yoon) Namun ayahnya tergolong bangsawan karena menurut sejarah ayahnya adalah sastrawan serta penerjemah bahasa China pada saat itu.
    Maka wajar ia dapat naik tahta menjadi ratu. Maka fakta ia satu-satunya selir yang naik menjadi ratu karena perasaan Raja Sukjong semata adalah tidak benar. Hal itu terjadi karena pada saat itu posisi ratu kosong, sedangkan selir yang berpangkat BIN serta ibu dari putra mahkota adalah Jang Hee Bin. Maka ia wajar menduduki tahta Ratu Inhyeon yang sedang di asingkan.
    3. Mengapa saat di turunkan dari tahta Ratu ia kembali pada pangkat BIN, dan tidak di asingkan. Karena pada saat itu Raja Sukjong mempertimbangkan kehadiran Putra Mahkota Yoon. Sedangkan Ratu Inhyeon dapat di asingkan karena Ratu Inhyeon tidak memiliki keturunan, maka tidak ada yang dapat di pertahankan. Jika pada saat itu Ratu Inhyeon memiliki keturunan mungkin Ratu Inhyeon tidak di asingkan.
    4. Fakta ia mati dengan racun di pelukan Raja Sukjong sepertinya tidak ada dalam sejarah. Dalam sejarah di sebutkan ia mati di racun itu benar, karena ia terbukti bersalah karena ia menggunakan sihir untuk menyingkirkan Ratu Inhyeon(ini tercatat dalam sejarah Raja Sukjong dan Selir Hee Bin)
    5. Fakta ia sangat mencintai Raja Sukjong memang benar adanya. Hal ini juga tercatat dalam sejarah. Oleh karena itu dalam drama Jang Ok Jung ia begitu di cintai oleh Raja Sukjong, dalam drama Dong Yi pun demikian. Raja Sukjong sangat mencintai Jang Ok Jung, namun sebelum Raja Sukjong sertemu dengan Dong Yi. Oleh karena itu drama Jang Ok Jung menceritakan awal kisal Raja Sukjong dan Jang Ok Jung bertemu. Walaupun tidak tercatat dalam sejarah bagaimana mereka bertemu dan apa profesi Jang Ok Jung sebelumnya. Namun yang pasti mereka memang saling mencintai. Tapi catat kembali, bahwa itu sebelum Raja Sukjong bertemu dengan Dong Yi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6. Cerita drama Jang Ok Jung terlalu banyak unsur tambahan dan menghilangkan banyak catatan penting. Drama Jang Ok Jung terlalu menyorot kehidupan Jang Ok Jung, dan tidak memberikan konflik apa yang terjadi pada masa pemerintahan saat itu.
      7. Dalam sejarah tidak di sebutkan jika Pangeran Mahkota Yoon di racun oleh Pangeran Yeon ing. Hal itu hanya asumsi sebelah pihak faksi pendukung Pangeran Mahkota Yoon. Banyak yang lebih berpendapat jika Pangeran Mahkota Yoon meninggal karena keracunan udang. Udang yang di katakan segar namun telah berhari-nari di bawa dari pelabuhan ke istana menyebabkan udang itu beracun, sehingga saat di konsumsi membuat konsumennya keracunan.
      8. Dalam drama Jang Ok Jung, Dong Yi di gambarkan sangat genit, buta huruf, pan di peralat oleh Ratu In Hyeon. Sedangkan dalam sejarah di katakan bahwa Dong Yi budak yang memiliki hati murni, oleh karena itu Raja Sukjong bahkan Ratu Inhyeon terpikat karena kebaikannya. Dalam drama Dong Yi ia disebutkan sebagai budak yang cerdas, dalam drama Jang Ok Jung di gambarkan buta huruf. Itu hanya perspektif penulis saja, namun jika dengan logika, jika Dong Yi tidak dapat baca tulis maka itu bisa saja, namun jika di tilik dengan Raja Yeong Jo yang sangat genius maka itu bisa saja mustahil. Dalam catatan Raja Yeong Jo pun di katakan jika Ibunya adalah seorang ibu yang pantas mendapatkan gelar Ibu negara. Dengan kata lain sebenarnya ia cerdas dan pintar.
      9. Drama Jang Ok Jung mendapatkan rating rendah karena penilaian orang korea tidak bodoh, mereka tau mana yang lebih cocok dengan kenyataan. Karena Aku hanya orang asing maka aku tak bisa memberikan komentar lain.

      Hapus

    2. DRAMA DONG YI
      1. Dalam drama Dong Yi, Dong Yi di gambarkan sangat baik. Jika di tinjau dari gamabaran sejarah hal itu memang benar, terlihat dari alasan Raja Sukjong menyukainya. Yaitu saat melihat Dong Yi berdoa dengan segenap hatinya bahkan mempertaruhkan nyawanya demi majikannya yaitu Ratu Inhyeon. Sedangkan pada saat itu tidak ada yang berani melakukan hal tersebut di bawah kepemimpinan Ratu Ok Jung. Ia juga memiliki hubungan baik dengan para selir di istina dan mempunyai hubungan baik dengan Ratu InHwon. Hal tersebut pasti karena gelar Suk Bin yang memang seperti diri Dong Yi yang sebenarnya. Selir Suk Bin pun mendapat gelar saat itu karena kebaikan hatinya yang membantu kaum miskin di luar istana. (Nama gelarnya aku lupa tapi ada di catatan sejarah Choi Suk Bin)
      2. Fakta mengapa ia tak dapat naik menjadi Ratu karena ia sepenuhnya keturunan rendah tidak seperti Jang Ok Jung yang masih memiliki darah bangsawan. Maka pada saat itu akan menimbulkan perselisihan oleh karena itu ia lebih memilih untuk tidak naik tahta.
      3. Dalam drama Dong Yi tidak diceritakan bagaimana ia mati, namun dalam sejarah tercatat. Setelah Pangeran Yeon Ing di angkat menjadi anak oleh Ratu Inhwon agar kelak dapat menjadi raja, Ia harus meninggalkan istana agar tidak ada konflik politik. Oleh karena itu Raja Sukjong menghadiahkan Istana InHyun untuk tempat istirahat Dong Yi di luar istana. Bahkan di sejarah tercatat setelah Dong Yi sakit-sakitan(satu tahun sebelum meninggal) Raja Sukjong menyerahkan tahtanya pada Pangeran Mahkota Yoon(Anak dari Hee Bin) dan ia tinggal bersama Dong Yi. Bahkan di katakan Dong Yi meninggal di pelukan Raja Sukjong. 2 tahun setelah Dong Yi meninggal Raja Sukjong pun menyusul.
      4. Drama Dong Yi pun memilik unsur tambahan cerita yang terjadi sama seperti sejarah yang asli, yaitu permasalahan Joseon dengan Qing maupun permasalah ekonomi bahkan politik antara faksi selatan dan faksi barat yang kemudian berubah nama menjadi faksi soron dan faksi noron.
      5. Dalam drama Dong Yi pun sangat alami menggambarkan Jang Ok Jung. Banyak yang bilang Jang Ok Jung di Dong Yi sangat menyeramkan dan Dong Yi yang terlalu baik. Karena tidak adanya catatan sejarah yang konkret tentang kehidupan asli yari keduanya maka sang penulis menceritakan sesuai apa yang mereka imajinasikan. Hal tersebut tentu sesuai denan karakter siapa yang diangkat dalam drama.

      Hapus
    3. 6. Dalam drama Dong Yi pun Selir Jang di gambarkan cantik dan cerdas sama seperti dalam drama Jang Ok Jung. Dalam drama dong yi di gambarkan raja memang tidak dapat melakukan apapun dalam hal fisik. Tentu saja itu memang tidak wajar. karena terlalu berlebihan. Seharusnya memang seorang raja dapat berkelahi. Namun sekali lagi hal itu pun tidak dapat di konfrmasi bahwa ia pandai bepedang atau tidak. Yang pasti Raja Sukjong termasuk rajanya Cerdasn
      7. Drama Dong Yi pun mendapatlan banyak penghargaan pada saat itu, karena sesungguhnya penonton tidaklah bodoh. Mana yang pantas mendapatkan penghargaan mana yang tidak. Banyak yang mengatakan jika Dong Yi salah satu Drama Saeguk terbaik.

      Hapus
  49. Drama Dong yi kalau menurut aku lebih menyentuh dari pada JOJ

    BalasHapus
  50. Dan putra mahkota Lee Yun tak bisa punya keturunan,dan karena itu Jang hui bin dihukum mati ,dan juga tak bisa jadi raja

    BalasHapus
  51. Lebih suka drama dong yi,soalnya lebih lengkap ceritanya episode ampe 60, menarik untuk dilihat ga cuma cinta doang yang difokusin tapi, politik, sejarah, investigasi, budaya, semua dipaparin cukup jelas, banyak yang bisa dipelajari dari drama nya, yg lebih penting lagi pesan yg disampaikan di dalam drama dong ya sungguh bagus "terlepas dari keturunan dan/atau kasta apapun itu yg terpenting adalah hati yang baik".saya udh nonton kedua drama tersebut dan saya rasa dong yi lebih banyak memberikan pelajaran yg bagus dan dikemas dengan baik, mungkin karna episode nya yg cukup banyak. Terlepas dari sejarah apapun, saya rasa drama dong yi memaparkan banyak hal yg dapat dipelajari. Rekomendasi banget buat kalain untuk menonton dua drama tersebut JOJ dan Dong Yi sebagai hiburan. Terimakasih

    BalasHapus
  52. Kalo menurutku ,setiap film pnya jln ceritanya masing2,kalo JOJ ya pasti yg diceritakan tentang kisah cintanya Ok Jung, klo Dong Yi ya kisah cintanya Dong Yi, dan ingat... Itu cmn film, jd g 100% bnr ... Ada yg ditambahin dan dikurangi sesuai pemikiran mrka msing2 agar lbih mnrik dan beda dri kisah drama lainnya krna kita jg g tau kisah sebenarnya sprti apa. Klo di film JOJ, dia g berniat untk mengguna2 Ratu Inhyeon,dia cuman berdoa agar PM Lee Yoon sembuh... tp selir Choi yg menggunakan ksmptan itu untuk memfitnah Ok Jung ...

    BalasHapus
  53. Baca sejarah aslinya biar lebih jelas, karena disejarah asli suk bin memang pernah jadi selir agung

    BalasHapus
  54. Aku lebih pro sama drama joj, dan setelah nonton drama ini tuh aku jd lebih pro sama hee bin jg. Malah aku jg mikir sih, bisa aja joj ini di fitnah sama fraksi dong yi, seolah" dia guna" ratu dan ngebuat ratu. Kalo emang dia jahat dan mau bunuh ratu kenapa engga dr dulu aja. Kenapa harus nunggu pas ratu ya udah balik lg ke istana.

    BalasHapus
  55. mari kita lanjutkan dengan yang baru ""HAECHI"" cerita Putra Mahkota Yeoning yang akan menjadi raja selanjutnya...

    BalasHapus
  56. Tergantung yang sedut pandang yang nonton sih . Kalo aku pribadi sih lebih suka dong yi karena lebih mendekati sejarah . Berdasarkan kesimpulan diatas ya :) . 1. Jang ok jung dan dong yi sebenernya punya latar belakang yang sama . Joj bapaknya bangsawan ibunya budak . Dong yi bapaknya petani miskin dan pemberontak . Joj juga keluarganya pembrontak istana bedanya dong yi pas masa dia belum masuk istana sedangkan joj pas dia udah berkuasa di istana . 2. Ya memang bener sih dong yi mungkin tidak sebaik di drama dan joj tidak sejahat di drama . Karena memang manusia punya sisi baik dan buruknya masing" . 3. Mengenai ibu suri membenci joj menurutku sih bukan membenci tapi kurang setuju / merestui kalo raja menikahi joj . Entah apa alasannya . 3. Mengenai ratu inhyeon tidak sebaik di drama dong yi . Ya bisa jadi . Tapi disebutkan dalam berbagai jurnal sejarah korea bahwa ratu inhyeon ratu yang baik . 4. Sukjong yang cuek dan terkesan tidak mencintai joj di drama dong yi . Dan sangat mencintai JOJ di drama JOJ . Menurutku sih sukjong pasti mencintai joj biar bagaimanapun joj juga salah satu istrinya . 5.tentang PM . Yeoning meracuni raja gyeongjong itu agak simpang siur ya . Tapi menurut sudut pandangku sih kalo emang PM yeoning meracuni raja / saudara tirinya seharusnya dia udah di penggal dong bukannya di jadiin raja .kalo pun jadi raja pemerintahannya pasti sebentar karena di demo ama rakyatnya . Dan setau aku entah pernah baca di mana pokoknya disebutkan kalo raja gyeongjong itu fisiknya lemah makanya joj sangat memprotek dia . Dan joj takut kalo tahta anaknya jatuh ke pm yeoning . Karena kan kalo sampai parlemen / fraksi tau kalo putranya lemah bukan tidak mungkin akan di lengserkan . 6. Mengenai peraturan sukjong selir gak bisa lagi jadi ratu . Menurutku bukan hanya sekedar penghormatan buat joj tapi juga peringatan bagi para selir lain . Jika sukjong gak bikin peraturan itu , bukan gak mungkin tragedi berdarah itu terulang lagi soal selir membunuh/memfitnah/melengserkan ratu untuk dapat tahta ratu . 7. Mengenai alasan joj melakukan kejahatannya di drama joj yang disebutkan karena terlalu mencintai raja dan tidak ingin perhatian raja teralih . Berarti logikanya sebelumnya perhatian raja udah teralihkan dari joj sehingga dia melakukan kejahatan kaya gitu . Aku sih lebih masuk akal yang di drama dong yi yang dia memprotek anaknya agar tetap di tahta . 8. Mengenai dong yi keluar dari istana si menurut aku karena dia ingin mencari ketenangan di luar istana . Dan dia kan berasal dari luar istana jadi dia pengen ngabisin masa tuanya di luar istana . 9. Mengenai joj di hukum mati menegak racun itu kalo semisal cuma ibu dan kakaknya yang salah kenapa dianya juga iku di hukum . Dong yi juga keluarganya pemberontak . Membunuh para bangsawan istana . Tapi dia gak terlibat . Jadi masih di ampuni . Kalo seandainya joj gak terlibat maka dia gak akan dihukum seperti itu . Kalo mengenai meninggal di pelukan sukjong sih aku belum tau karena belum nemu sumbernya . Sekian sudut pandang saya . Terimakasih

    BalasHapus
  57. Tambahan jika memang PM yeoning merubah data sejarah seperti yang di tuliskan karena pemerintahannya yang lama . Sebetulnya kita juga pernah mengalami hal serupa . Saat masa pemerintahan presiden suharto . Sebagaimana kita ketahui saat masa itu kebebasan berpendapat terbatas terus pemerintahan yang tidak bisa di kritik dan data sejarah isinya yang baik baik saja tentangnya . Tapi saat lengser mulai bermunculan keritik" mengenai buruknya masa itu . Sama seperti PM yeoning jika dia mengubah data sejarah sepertinya kurang logis sebagai mana kita tau saksi sejarah bukan cuman 1 / 2 orang saja . Tidak mungkin membungkam semua saksi sejarah masa itu . Jikapun memang iya , pasti diakhir di masa pemerintahan selanjutnya akan terungkap keburukannya . Tapi nyatanya sampai saat belum ada bukti mengenai hal tersebut .

    BalasHapus
  58. pencinta drakor pasti punya pandangan dan selera masing2. klw menurut ane rooftop prience gx mengambil dr cerita sejarah secara keseluruhan. dalam drama JOJ yg bersangkutan dengan sejarah yg menurut ane pas adalah pada saat ok jung menjadi selir. dl serial dong yi jga gx semua berasal dr sejarah. namanyanya drama roman. bumbu dlm setiap drama modern pasti ad. intinya tergantung ma pribadi penikmat aj. klo ane nyaani nonton dri drama JOJ, lalu dong yi, lalu haechi. ke 3 drama ini ada sangkut pautnya walau ceritanya gx semua sesuai sejarah secara keseluruhan.

    BalasHapus
  59. di JOJ kematian ok jung di pangkuan sang raja. di dong yi kematian ok jung krn racun. di dalam drama haechi ada sebuah flasback scane dr side karakter yg menyatakan kematian ok jung krn racun.

    BalasHapus
  60. Kalau aku lebih suka dong yi karena bener bener bagus banget filmnya. Ini sih kembali ke diri kita masing masing bagaimana menanggapi sebuah film.

    BalasHapus
  61. Hmm baru baca artikel ini. Coba kak di hubungkan dengan film haechi. Di situ menceritakan pangeran yeoning yg kembali dari pengasingan. Dan PM Yun pun sangat senang dengan kembalinya Yi Geum. Menariknya di situ ada 1 pangeran yang sangat ambisius dan ingin jadi raja dan selalu mengintimidasi pm yun. Bisa jadi pangeran ini yang meracuni pm yun, di ceritanya pangeran yg jahat ini adalah sepupu nya pm yun.

    BalasHapus
  62. sillok.history.go.kr › intro › english
    조선왕조실록 - 국사편찬위원회

    Baca di sillok resminya aja

    BalasHapus
  63. persamaanya adalah dongyi sama2 pelayan...ok jung sama2 dihukum...anak dong yi sama2 diceritakan jenius...dan akhirnya setelah nonton haechi nambah lagi referensi klo yi geum bener2 jenius...tp di haechi ga di ceritain ok jung dan dong yi...melihat sejarah dari 3 drama...seru ya...coba sejarah indonesia di giniin...

    BalasHapus